Bungkam City, "Setan Merah" Jadi Penguasa Manchester

Bungkam City,
Para pemain Manchester United memberikan aplaus kepada suporter usai mengalahkan Manchester City 2-1 di Etihad, Minggu, 8 Desember 2019. ( Foto: AFP )
/ CAH Minggu, 8 Desember 2019 | 05:03 WIB

Manchester, Beritasatu.com - Manchester United mengukuhkan dirinya sebagai penguasa Manchester usai membungkam rival, Manchester City 2-1 di Etihad, Minggu (8/12/2019) dini hari WIB. Dua gol "Setan Merah" dicetak Marcus Rashford dan nthony Martial. Sedangkan satu gol City dicetak Nicolas Otamendi. 

Meski bermain di kandang lawan, United tampil percaya diri. Dua peluang didapat lewat Jese Lingard dan Anthony Martial yang masih bisa digagalkan kiper Ederson. Pertahanan MU dibuat kocar kacir. 

Sampai akhirnya upaya Rashford di area penalti dihentikan Bernardo. Permainan sempat dilanjutkan tetapi VAR memberikan cuplikan jelas pelanggaran tersebut. Rashford yang maju sebagai eksekutor berhasil selesaikan tugasnya dengan baik di menit 23.

Tekanan United terus berlanjut. Dua kali usaha Rashfrod gagal berbuah hasil setelah tembakannya melebar dan ditangkap Ederson. Sampai akhirnya keunggulan United diperbesar melalui gol yang dicetak Martial. Sepakan kaki kiri Martial di tepi kotak penalti gagal dihentikan Ederson dan bola terus bergulir ke dalam gawang meski sempat membentur tiang.

Tak ingin malu di depan pendukungnya sendiri, City langsung bergegas menekan. Usaha David Silva dari situasi bola mati dan permainan terbuka berhasil diamankan De Gea dengan baik.

Kesempatan emas hadir bagi City untuk kembali ke permainan. Tetapi Jesus membuang peluang saat tandukannya memanfaatkan umpan silang De Bruyne, melebar tipis dari sasaran.

Sempat terjadi momen yang mengharuskan VAR terlibat saat Fred seperti menahan bola dengan tangannya di kotak penalti. Meski terlihat mengenai bola dengan tangan, wasit beranggapan tangan sang pemain dalam posisi pasif dan keputusan itu mengakhiri babak pertama.

City langsung menggebrak di awal babak kedua, tetapi Lindelof berada di garis gawang untuk menangkal usaha De Bruyne. Ancaman Rodri juga berhasil diamankan De Gea.

Beberapa perubahan dilakukan kedua tim di pertengahan babak kedua, tetapi tak banyak memberikan dampak di pertandingan. Sampai akhirnya City mampu menciptakan gol di tengah rasa frustasi yang ada.

Berawal dari sepakan sudut Mahrez ke kotak kecil, Otamendi sukses jaringkan bola ke gawang pada menit 85. Sisa waktu yang ada coba dimanfaatkan tetapi tak ada gol tambahan tercipta hingga akhir.

Dua kemenangan beruntun atas tim kuat seperti Spurs dan City jelas membangkitkan asa Solskjaer sebagai juru racik United. Kini The Red Devils melejit ke peringkat lima klasemen.

Sementara bagi City, ini kekalahan keempat yang harus diderita The Cityzen musim ini di pentas domestik. Sang juara bertahan pun tertahan di peringkat ketiga dengan raihan 32 angka atau tertinggal 14 angka dari Liverpool yang perkasa.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson, Kyle Walker, John Stones, Fernandinho, Angelino, Kevin de Bruyne, Rodri, David Silva (C), Bernardo Silva, Gabriel Jesus, Raheem Sterling

Manchester United: David de Gea, Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire (C), Luke Shaw, Scott McTominay, Fred, Daniel James, Jesse Lingard, Marcus Rashford, Anthony Martial



Sumber: Goal