Imbang, Man United Hentikan Rekor Selalu Menang Liverpool

Imbang, Man United Hentikan Rekor Selalu Menang Liverpool
Striker Manchester United Marcus Rashford (kanan) berduel dengan gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum, dalam laga Premier League, Minggu, 20 Oktober 2019. ( Foto: AFP PHOTO )
Jaja Suteja / JAS Minggu, 20 Oktober 2019 | 23:37 WIB

Manchester, Beritasatu.com - Manchester United gagal mempertahankan keunggulan dan harus puas bermain imbang 1-1 melawan tamunya Liverpool pada laga pekan kesembilan Premier League, Minggu (20/10/2019), di Stadion Old Trafford.

MU unggul melalui gol yang dilesakkan Marcus Rashford. Liverpool sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-44, namun wasit menganggap gol itu tidak sah setelah melihat VAR. Gol yang membuat Liverpool terhindar dari kekalahan dilesakkan Adam Lallana pada menit ke-85. 

Hasil imbang ini membuat rekor selalu menang yang dicapai Liverpool musim ini di Premier League terhenti. Sebelumnya dalam delapan partai beruntun, The Reds selalu menang.

Kendati hanya memetik hasil seri, Liverpool tetap kukuh di puncak klasemen dengan 25 poin. Mereka masih unggul enam poin atas pesaing terdekat Manchester City. 

Sementara bagi Manchester United, hasil ini tak banyak mengubah posisi mereka di klasemen. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer masih tercecer di urutan ke-13 dengan nilai 10 poin dari sembilan laga.

Untuk meraih poin maksimal, manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer menurunkan formasi 4-3-3. Marcus Rashford diplot sebagai striker utama didampingi Andreas Pereira dan Daniel James di lini depan.

Ketiga pemain ini ditopang trio lini tengah yang terdiri dari Scott McTominay, Axel Tuanzebe, dan Fred. Gelandang andalan Paul Pogba masih absen karena cedera.

David de Gea tetap menjadi andalan di bawah mistar meski dikabarkan cedera ketika memperkuat Timnas Spanyol. Dia akan dikawal dua bek tengah Victor Lindelof dan Harry Maguire yang didapingi dua bek sayap Aaron Wan-Bissaka di sisi kanan serta Ashley Young di kiri.

Sementara di kubu Liverpool, manajer Juergen Klopp juga memasang formasi 4-3-3. Dia tak bisa memasang Mohamed Salah di lini barisan depan karena cedera.

Divock Origi menjadi penggantinya. Dia akan bersama Roberto Firmino dan Sadio Mane di barisan depan. Mereka ditopang tiga pemain tengah yakni Jordan Henderson, Fabinho, dan Georginio Wijnaldum.

Kiper utama Alisson Becker teah pulih dari cedera dan dipasang sebagai starter. Penjaga gawang asal Brasil ini dikawal empat bek yakni Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, dan Andrew Robertson.

Peluang pertama didapat Liverpool pada menit ke-10. Bermula dari umpan sundulan yang dikirim Sadio Mane. Bola kemudian dimanfaatkan Roberto Firmino dengan melepaskan tendangan dari sudut sulit left. Sepakan pemain asal Brasil itu lewat di sisi kiri gawang David de Gea.

Dua menit kemudian, giliran Manchester United mendapatkan kesempatan. Memanfaatkan sodoran Daniel James, Andreas Pareira melepaskan tendangan dengan kaki kanan dari luar kotak penalti. Namun bola menyamping dari gawang.

Satu menit kemudian, Liverpool kembali mendapatkan peluang. Memanfaatkan umpan Andrew Robertson, Georginio Wijnaldum melepakan tendangan dari luar kotak penalti. Kali ini De Gea berhasil menyelamatkan gawangnya.

Pada menit ke-21, tuan rumah yang nyaris mencetak gol. Namun tendangan kaki kiri Andreas Pereira memanfaatkan sodoran Marcus Rashford berhasil diblok kiper Allison.

Upaya Manchester United melalui tendangan Scott McTominay pada menit ke-25 memanfaatkan Andreas Pereira juga kandas oleh kegesitan Alisson, yang berhasil meredam tembakan.

Pada menit ke-29, Firmino juga kembali mendapat peluang. Dia melepaskan tendangan dari tengah kotak penalti. Namun sepakannya meleceng dari gawang.

Lima menit kemudian, lagi-lagi Firmino melakukan tekanan ke gawang Man United. Dia kembali mendapatkan bola di tengah kotak penalti. Namun peluang yang didapatkannya memanfaatkan umpan Sadio Mane, digagalkan kiper.

Pada menit ke-36, Manchester United sementara unggul lewat gol yang dilesakkan Marcus Rashford. Gol berawal dari sodoran Daniel James menyusul serangan balik. Rashford menyambut umpan dengan tembakan kaki kanan dari tengah kotak penalti.

Wasit Martin Atkinson sempat meminta bantuan video assistant referee (VAR) untuk mengevaluasi gol ini. Setelah menyaksikan VAR, Atkinson memastikan gol sah dan MU unggul 1-0.

Liverpool sebenarnya berhasil mencetak gol pada menit ke-44 melalu aksi Sadio Mane.

Sadio Mane menjebol gawang tuan rumah setelah memanfaatkan umpan Trent Alexander-Arnold. Dia melepaskan tendangan kaki kiri dari tengah kotak penalti yang menjebol gawang Manchester United.

Namun wasit Martin Atkinson kembali meminta bantuan video assistant referee (VAR) untuk mengevaluasi keputusannya. Setelah melihat VAR dia menganggap gol Mane tidak sah. Skor pun tetap 1-0 untuk keunggulan MU dan bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Liverpool mencoba mencetak gol penyama skor. Kendati tampil sebagai tamu pasukan Klopp tampil lebih dominan.

Pada menit ke-56, Divock Origi melakukan tekanan dengan melepaskan tendangan ke arah gawang. Namun serangannya kandas karena diblok bek Manchester United.

Alex Oxlade-Chamberlain nyaris membawa Liverpool menyamakan skor pada menit ke-64, andai tembakannya dari luar kotak penalti tidak meleset dari gawang.

Tiga menit kemudian, Rashord nyaris mencetak gol keduanya malam itu setelah mendapat sodoran Andreas Pereira. Namun tembakan dari luar kotak penalti menyamping ke sisi kiri. 

Pada menit ke-77, Roberto Firmino mendapat peluang dengan sundulan kerasnya. Namun aksinya ini tak membuahkan gol karena pemain belakang lawan berhasil membuang bola.

Liverpool akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah Adam Lallana berhasil mencetak gol pada menit ke-85.

Lallana menjebol gawang tuan rumah setelah memanfaatkan umpan silang Andrew Robertson. Dia melepaskan tendangan kaki kanan dari jarak dekat yang menjebol gawang Manchester United.

Wasit Martin Atkinson meminta bantuan video assistant referee (VAR) untuk mengevaluasi keputusannya. Setelah melihat VAR dia tetap mengganggap gol sah. Skor pun imbang 1-1. Ini untuk ketiga kalinya wasit Atkinson memakai VAR untuk mengevaluasi gol dalam pertandingan ini.

Skor 1-1 bertahan hingga pertandingan usai. MU pun meraih hasil seri keempat kalinya sepanjang musim ini.  

Susunan kedua tim:

Manchester United (4-3-3): 1 David de Gea; 29 Aaron Wan-Bissaka, 2 Victor Lindelof, 5 Harry Maguire, 18 Ashley Young; 39 Scott McTominay, 38 Axel Tuanzebe, 17 Fred; 15 Andreas Pereira (53 Brandon Williams 90+4), 10 Marcus Rashford (9 Anthony Martial 84), 21 Daniel James.

Liverpool (4-3-3): 1 Alisson; 66 Trent Alexander-Arnold, 32 Joel Matip, 4 Virgil van Dijk, 26 Andrew Robertson; 14 Jordan Henderson (20 Adam Lallana 71), 3 Fabinho, 5 Georginio Wijnaldum (8 Naby Keita 82); 10 Sadio Mane, 9 Roberto Firmino, 27 Divock Origi (15 Alex Oxlade-Chamberlain 60).



Sumber: Sportinglife