Kualifikasi Piala Eropa 2020

Belanda Bekap Irlandia Utara

Belanda Bekap Irlandia Utara
Selebrasi pemain Belanda usai menaklukkan Irlandia Utara. ( Foto: AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Jumat, 11 Oktober 2019 | 05:06 WIB

Amsterdam, Beritasatu.com - Tren kemenangan Belanda berlanjut dengan mengalahkan Irlandia Utara 3-1 dalam lanjutan kualifikasi Euro 2020 grup C di Stadion Feijenoord, Jumat (11/10/2019) dini hari WIB.

Sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Josh Magennis, Belanda bangkit dari ketertinggalan via Luuk De Jong dan dwigol Memphis Depay. Hasil ini membuat Oranje berada di puncak klasemen dengan nilai 12, sama dengan yang dimiliki Jerman dan Irlandia Utara.

Kemenangan pantas diraih Belanda yang tampil dominan sepanjang pertandingan. Di babak pertama, Belanda unggul 77 persen dalam penguasaan bola.  Ancaman pertama datang lewat kerja sama antara Virgil van Dijk dan Memphis Depay. Namun sepakan sang kapten dari jarak dekat masih melebar dari gawang lawan.

Tidak mudah buat Belanda membuat peluang dengan pertahanan rapat Irlandia Utara. Meski demikian tekanan tersu digencarkan. Peluang hadir menjelang turun minum. Blind mengirim umpan silang yang disambut sundulan Wijnaldum, tapi kiper Peacock-Farrell masih sigap mengamankan bola yang mengarah tepat kepadanya.

Sampai turun minum belum ada gol tercipta.

Tekanan Belanda berlanjut di babak kedua. Peluang emas yang didapat Depay masih bisa diamankan kiper Peacock-Farrell di menit 69. Meski ditekan, Irlandia Utara malah berhasil mencuri gol.

Adalah Josh Magennis yang sukses mengonversi umpan silang Dallas menjadi gol melalui sundulan yang gagal diantisipasi oleh Jasper Cillessen di menit 75. Namun keunggulan itu tidak bertahan lama. Lima menit berselang, Belanda mampu menyamakan skor melalui sontekan Memphis Depay dari jarak dekat usai memanfaatkan umpan manis Donyell Malen.

Belanda mendapat kans emas untuk menggandakan skor saat laga berumur 85 menit. Depay mengirim umpan silang ke kotak penalti yang disambut sundulan Malen yang berdiri bebas tanpa kawalan, namun upayanya masih melebar ke sisi kiri gawang lawan.

Jelang akhir laga, Oranje kembali menambah gol. Luuk De Jong membawa Belanda balik memimpin usai sepakannya dari jarak dekat menghujam gawang Irlandia Utara.

Depay akhirnya memastikan kemenangan Belanda setelah mencetak gol keduanya di menit ke-94. Memanfaatkan kiriman bola dari Frenkie de Jong, Depay sukses menempatkan bola ke pojok gawang Peacock-Farrell.

Kemenangan 3-1 untuk Belanda bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Belanda : Jasper Cillessen; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind; Georginio Wijnaldum, Marten de Roon, Frenkie de Jong; Steven Bergwijn, Ryan Babel, Memphis Depay.

Irlandia Utara : Bailey Peacock-Farrell; Michael Smith, Craig Cathcart, Jonny Evans, Stuart Dallas; Steven Davis, Patrick McNair, George Saville; Corry Evans, Shane Ferguson, Kyle Lafferty.



Sumber: Goal