Tekuk Chelsea, Liverpool Pertahankan Rekor Selalu Menang

Tekuk Chelsea, Liverpool Pertahankan Rekor Selalu Menang
Bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold melepaskan tendangan bebas yang menghasilkan gol bagi timnya ssat menghadapi Chelsea, di Stadion Stamford Bridge dalam lanjutan Premier League, Minggu, 22 September 2019. ( Foto: AFP PHOTO )
Jaja Suteja / JAS Senin, 23 September 2019 | 00:29 WIB

London, Beritasatu.com - Liverpool sukses mempertahankan rekor selalu menang dalam enam laga awal mereka di Premier League musim ini setelah menundukkan tuan rumah Chelsea, 2-0, dalam laga pekan keenam, Minggu (22/9/2019), di Stadion Stamford Bridge.

Gol-gol tim tamu dilesakkan Trent Alexander-Arnold pada menit ke- 14 dan Roberto Firmino pada menit ke-30. Chelsea sempat memperkecil ketinggalan melalui gol N'Golo Kante. 

Hasil ini membuat Liverpool mencatatkan diri sebagai satu-satunya tim yang selalu menang dalam laga Premier League musim ini. Sebelumnya, squad Juergen Klopp ini menundukkan Norwich City (4-1) Southampton (1-2), Arsenal (3-1), Burnley (0-3), dan Newcastle United (3-1).

Liverpool pun belum tergoyahkan di puncak klasemen. Mereka memuncaki klasemen Premier League dengan raihan poin maksimal 18 poin dari enam laga. 

Chelsea sebenarnya sangat membutuhkan kemenangan untuk memperbaiki posisi di klasemen. Namun mereka justru harus mengalami kekalahan kedua musim ini. Akibat kekalahan saat menjamu Liverpool, squad asuhan Frank Lampard ini masih tercecer di urutan ke-11 dengan koleksi delapan poin dari enam pertandingan.

Sementara Liverpool pun memiliki motivasi yang tak kalah besar untuk meraih tiga poin. Pasukan Juergen Klopp ingin meneruskan torehan selalu menang yang sudah mereka raih dalam lima partai awal Premier League mereka musim ini.

Lampard mengandalkan formasi 4-3-3 dengan menurunkan trio Willian, Tammy Abraham, dan Mason Mount di lini depan. Mereka akan ditopang barisan tengah yang terdiri dari N'Golo Kante, Jorginho, dan Mateo Kovacic.

Andreas Christensen bakal berduet dengan Fikayo Tomori menjaga jantung pertahanan. Mereka akan didampingi César Azpilicueta di sisi kanan dan Emerson di kini, mengawal kiper Kepa Arrizabalaga.

Liverpool juga menurunkan formasi serupa. Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane menjadi andalan di lini depan. Sementara lini tengah dipercayakan kepada Georginio Wijnaldum, Fabinho, dan Jordan Henderson.

Kiper utama Liverpool, Alisson Becker masih cedera. Posisi di bawah mistar tetap dipercayakan kepada Adrian. Joel Matip dan Virgil van Dijk menjaga jantung pertahanan didampingi Trent Alexander-Arnold di kanan serta Andrew Robertson di kiri.

Liverpool memimpin 1-0 melalui aksi Trent Alexander-Arnold pada menit ke-14. Gol berawal dari umpan Mohamed Salah yang menjadi eksekutor tendangan bebas.

Bola kiriman pemain asal Mesir itu disambut dengan tendangan kaki kanan Trent Alexander-Arnold dari luar kotak penalti. Kiper Chelsea Kepa tak berdaya mencegah gawangnya kebobolan.

Chelsea sebenarnya berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 melalui aksi Cesar Azpilicueta pada menit ke-27. Namun setelah melihat video assistant referee (VAR), wasit Michael Oliver memutuskan gol bek asal Spanyol itu tidak sah.

Tiga menit kemudian Liverpool justru menambah keunggulan menjadi 2-0. Gol kedua tim tamu dilesakkan Roberto Firmino pada menit ke-30.

Gol berawal dari umpan tendangan bebas Andrew Robertson. Roberto Firmino menyambut sodoran rekannya itu dengan sundulan dan membuat gawang Chelsea kebobolan untuk kedua kalinya. Skor 2-0 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Liverpool tetap mencoba menambah gol. Pada dua menit awal usai jeda, The Reds melakukan tekanan lewat Roberto Firmino dan dan Sadio Mane. 

Namun tendangan Firmino dari depan gawang berhasil diselamatkan kiper Kepa Arrizabalaga. Tak berapa lama, Mane menyundul bola umpan Fabinho namun melenceng dari sasaran.

Chelsea balik menekan melalui tendangan Tammy Abraham, sundulan Fikayo Tomori, serta serta tembakan kaki kiri N'Golo Kante. Namun semuanya tak menghasilkan gol.

Upaya Chelsea mencetak gol baru terwujud pada menit ke-71 melalui aksi Kante. Gol berawal dari bola yang dikirim César Azpilicueta. Kante menyambutnya dengan melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti. Tendangan Kante yang mengarah ke pojok kanan atas gawang membuat kiper Adrian tak berdaya. Skor pun berubah 1-2.

Untuk menambah daya gedor, Chelsea memasukkan Michy Batshuayi menggantikan Tammy Abraham. Striker berkebangsaan Belgia itu nyaris membuat skor imbang dengan tembakannya pada menit ke-79. Namun tembakannya melenceng dari gawang.

Skor 2-1 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga pertandingan usai. The Reds pun kokoh bertengger di puncak klasemen Premier League.

Susunan pemain kedua tim:

Chelsea (4-3-3): 1 Kepa Arrizabalaga; 28 Cesar Azpilicueta, 4 Andreas Christensen (15 Kurt Zouma 42), 29 Fikayo Tomori, 33 Emerson (3 Marcos Alonso 15); 7 N'Golo Kante, 5 Jorginho, 17 Mateo Kovacic; 10 Willian, 9 Tammy Abraham (23 Michy Batshuayi 77), 19 Mason Mount.

Liverpool (4-3-3): 13 Adrian; 66 Trent Alexander-Arnold, 32 Joel Matip, 4 Virgil van Dijk, 26 Andrew Robertson; 5 Georginio Wijnaldum, 3 Fabinho, 14 Jordan Henderson (20 Adam Lallana 84); 11 Mohamed Salah, 9 Roberto Firmino, 10 Sadio Mane (7 James Milner 71).



Sumber: Sportinglife