Milan Resmi Tunjuk Giampaolo Sebagai Pelatih

Milan Resmi Tunjuk Giampaolo Sebagai Pelatih
Marco Giampaolo. ( Foto: Twitter @acmilan )
Zumrotul Muslimin / ZTM Kamis, 20 Juni 2019 | 19:53 WIB

Milan, Beritasatu.com - AC Milan resmi menunjuk Marco Giampaolo sebagai pelatih. Giampaolo mulai bertugas pada 1 Juli dengan kontrak berdurasi dua musim dan tambahan satu tahun.

Penunjukkan Giampaolo melanjutkan tren Milan mempekerjakan pelatih yang tak berpengalaman menjadi juara di klub-klub sebelumnya. Eks arsitek Sampdoria ini jadi pelatih kesembilan Milan yang tak pernah menjadi juara.

Terakhir kali pelatih yang ditunjuk memberikan gelar terjadi pada 2010/2011 saat menunjuk Max Allegri. Allegri langsung memberikan gelar Serie A pada musim perdananya di San Siro.

Sementara itu Giampaolo didapuk menjadi arsitek Milan berbekal catatan kariernya menjadi pelatih sejak 2004 bersama sembilan tim. Dia telah mendampingi tim-timnya dalam 324 pertandingan, sebanyak 270 di antaranya di level Serie A.

Menangani Milan adalah pekerjaan terbesar Giampaolo sepanjang kariernya. Sebelum melatih Sampdoria, Giampaolo melatih Ascoli, Cagliari, Siena, Catania, Cesena, Brescia, Cremonese, dan Empoli.

Di Sampdoria, Giampaolo bertahan selama tiga musim. Dia mengantarkan Sampdoria finis di urutan kesembilan Serie A 2018/19. Sedangkan di Piala Italia, langkah timnya justru dihentikan Milan pada babak 16 besar.

Giampaolo diprediksi akan membuat perubahan signifikan dalam formasi tim. Gennaro Gattuso menggunakan formasi 4-3-3 dan kini Giampaolo ditengarai menggunakan formasi favoritnya 4-3-1-2.



Sumber: Acmilan