Final Liga Champions

Tottenham vs Liverpool, Duel Ketat di Madrid

Tottenham vs Liverpool, Duel Ketat di Madrid
Preview Tottenham Hotspur vs Liverpool ( Foto: Istimewa )
Jaja Suteja / JAS Sabtu, 1 Juni 2019 | 11:04 WIB

Siaran Langsung, Minggu (2/6/2019) Pukul 02.00 WIB

Madrid, Beritasatu.com – Pertandingan yang seru dan ketat diprediksi akan terjadi saat Tottenham Hotspur menghadapi Liverpool dalam laga final Liga Champions, Sabtu (1/6/2019) atau Minggu dini hari WIB. Dalam laga di Stadion Wanda Metroplitano, Madrid ini kedua tim sama-sama memiliki motivasi yang tinggi untuk menjadi juara.

Tottenham memburu trofi yang akan membuat mereka meraih prestasi tertinggi sepanjang sejarah berdirinya klub yang bermarkas di London tersebut. Sementara Liverpool juga memiliki semangat luar biasa untuk bisa menjadi juara Liga Champions untuk keenam kalinya.

Setelah gagal menjadi juara di kompetisi lokal, Premier League, inilah kesempatan terbaik bagi Liverpool untuk mengakhiri musim ini dengan kegembiraan, menjadi juara Eropa. Ini juga peluang besar bagi manajer The Reds, Juergen Klopp mencampakkan rekor negatif, selalu gagal di partai final.

Kabar baik didapatkan Tottenham menjelang pertarungan final. Striker andalan mereka, Harry Kane, sudah ikut berlatih penuh bersama rekan-rekan setimnya.

Padahal sebelumnya, striker Timnas Inggris ini terancam absen akibat cedera pergelangan kaki. Penyerang berusia 25 tahun ini akan dipercaya tampil sejak awal pertandingan.

Manajer Spurs, Mauricio Pochettino mungkin akan menerapkan formasi 4-3-1-2 atau 4-2-3-1. Jika menampilkan formasi yang pertama dia akan menurunkan Kane bersama Lucas Moura sebagai pasangan striker ditopang Dele Alli.

Sementara jika formasi 4-2-3-1 yang dipilihnya, Pochettino akan menurunkan Kane sebagai striker tunggal didukung trio Christian Eriksen, Delle Alli, dan Son Heung Min. Satu hal yang pasti, Pochettino harus memilih antara Son dan Moura yang tak dimainkan.

Harry Winks dan Davinson Sanchez juga telah kembali ikut berlatih. Dalam formasi 4-2-3-1, Wink kemungkinan akan berduet dengan Sissoko di depan empat bek.

Kondisi Victor Wanyama terus dipantau setelah mengalami benturan saat menang 3-2 melawan Ajax di semifinal, sementara Jan Vertonghen sudah fit dan akan berduet dengan Toby Alderweireld menjaga jantung pertahanan.

Ben Davies tak mungkin tampil karena masalah pada panggal paha. Danny Rose akan menjadi andalan di sisi kiri pertahanan.

Di kubu Liverpool, hanya Naby Keita yang dipastikan absen. Sementara pemain lainnya dalam keadaan bugar dan siap diturunkan. Klopp tampaknya tak akan membuat kejutan dalam formasi pemain yang diturunkan sejak kick-off.

Namun pelatih asal Jerman itu harus memeras otak untuk menentukan formasi di lini tengah. Klopp harus memilih di antara James Milner yang berpengalaman atau pahlawan semifinal Georgino Wijnaldum untuk mendampingi Fabinho dan Jordan Henderson di barisan gelandang.

Andrew Robertson dipastikan bakal mengisi peran sebagai bek kiri setelah tampil sangat mengesankan saat semifinal lalu. Sementara Joel Matip diperkirakan bakal mendampingi Dejan Lovren di jantung pertahanan The Reds. Di sisi kanan pertahanan, Trent Alexander-Arnold tetap menjadi pilihan utama. Alexander-Arnold dan Robertson diharapkan ikut membantu serangan dari sektor sayap.

Lini tengah akan menjadi kunci pertarungan. Peran dua full back juga akan sangat penting. Jika Alexander-Arnold dan Robertson bisa tampil bagus seperti saat mereka tampil melawan Barcelona di Anfield, Liverpool berpeluang besar memenangkan pertandingan.

Sebaliknya di kubu Spurs, Mauricio Pochettino tak cuma harus mampu membuat timnya meredam gerakan dua full back yang berbahaya ini karena Liverpool memiliki banyak pemain lain yang bisa membuat perbedaan.

Pochettino juga memiliki Son Heung Min dan dua full back Kieran Tripier dan Danny Rose yang bisa merepotkan barisan belakang. Satu hal yang pasti, laga bakal berjalan ketat. Apalagi kedua tim sudah sangat mengetahui kekuatan dan kemampuan masing-masing karena sering bertemu di kompetisi lokal.

Namun Klopp menegaskan bahwa pertandingan final pastilah berbeda. “Laga final selalu berbeda. Anda datang dengan tim yang berbeda. Kondisinya juga berbeda. Jika saya adalah penyebab dari kekalahan dalam enam laga final beruntun maka semua orang harus khawatir. Namun bukan itu masalahnya,” papar Klopp.

“Dalam tujuh tahun terakhir, saya mungkin memegang rekor dunia sebagai pemenang partai semifinal. Jika saya menulis buku tantang ini mungkin tak akan ada orang yang membeli. Ini akan benar-benar menjadi final yang sesungguhnya. Kedua tim harus siap karena pertandingan ini bakal sangat ketat,” ujar Klopp lagi.

Sementara Pochettino menekankan kepada timnya agar bermain tanpa beban. “Hal terpenting adalah bermain dengan bebas. Bermain seperti ketika kita masih muda. Seperti ketika kita masih anak-anak usia tujuh, delapan, sembilan tahun dan merasa bebas,” kata pelatih asal Argentina ini.

“Kuncinya adalah tidak memikirkan bahwa Anda ditonton jutaan orang. Laga ini adalah tentang kemenangan. Kami ingin menorehkan sejarah dalam sepakbola,” imbuhnya.

“Kami tahu benar apa yang harus kami lakukan. Liverpool tim hebat. Juergen Klopp manajer yang sangat sukses. Saya sangat mengaguminya. Tampil untuk ketiga kalinya dalam final Liga Champions adalah hal yang luar biasa,” papar Pochettino yang menangani Tottenham sejak 2014.

Secara total Tottenham dan Liverpool telah bertemu 170 kali di seluruh kompetisi. Liverpool menang dalam 79 laga, sementara Spurs 48 laga. Dalam 43 pertandingan lainnya laga berakhir imbang.

Sementara dalam lima pertemuan terakhir kedua tim, Liverpool juga menunjukkan keunggulannya. Mereka menang dalam tiga laga, sementara Tottenham hanya mampu meraih sekali kemenangan. Satu partai lainnya berakhir imbang.

Kemungkinan Susunan Pemain
Tottenham Hotspur (4-2-3-1)
K: Hugo Lloris
B: Kieran Trippier, Tobi Alderweireld, Jan Vertonghen, Danny Rose
T: Harry Wink, Moussa Sissoko,
D: Christian Eriksen, Dele Alli, Son Heung Min
D: Harry Kane
Pelatih: Mauricio Pochettino

Liverpool (4-3-3):
K: Alisson
B: Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson
T: Jordan Henderson, Fabinho, Giorginio Wijnaldum
D: Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp

Lima Pertandingan Terakhir Tottenham Hotspur
27/04/19 Premier League Tottenham Hotspur 0-1 West Ham United
01/05/19 Liga Champions Tottenham Hotspur 0-1 Ajax
04/05/19 Premier League Bournemouth 1-0 Tottenham Hotspur
09/05/19 Liga Champions Ajax 2-3 Tottenham Hotspur
12/05/19 Premier League Tottenham Hotspur 2-2 Everton

Lima Pertandingan Terakhir Liverpool
27/04/19 Premier League Liverpool 5-0 Huddersfield Town
02/05/19 Liga Champions Barcelona 3-0 Liverpool
05/05/19 Premier League Newcastle United 2-3 Liverpool
08/05/19 Liga Champions Liverpool 4-0 Barcelona
12/05/19 Premier League Liverpool 2-0 Wolverhampton

Head to Head
31/03/19 Premier League Liverpool 2-1 Tottenham Hotspur
15/09/18 Premier League Tottenham Hotspur 1-2 Liverpool
04/02/18 Premier League Liverpool 2-2 Tottenham Hotspur
22/10/17 Premier League Tottenham Hotspur 4-1 Liverpool
12/02/17 Premier League Liverpool 2-0 Tottenham Hotspur
26/10/16 Piala Liga Liverpool 2-1 Tottenham Hotspur
27/08/16 Premier League Tottenham Hotspur 1-1 Liverpool



Sumber: UEFA