Langkah Berani Erick Thohir Benahi BUMN Diapresiasi

Langkah Berani Erick Thohir Benahi BUMN Diapresiasi
Menteri BUMN Erick Thohir berbincang dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. (Foto: istimewa)
Hotman Siregar / FER Minggu, 23 Februari 2020 | 15:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Erick Tohir, dinilai banyak melakukan langkah-langkah berani terkait kinerja BUMN dalam 100 hari kerja. Keberanian Erick ini, harus diakui dan dinilai layak mendapat apresiasi dari banyak pihak.

Baca Juga: Gebrakan Kementerian BUMN Diapresiasi Publik

Pengamat politik, Emrus Sihombing, mengatakan, langkah berani Erick Thohir diantaranya mencopot Direktur Utama Garuda, I Gusti Ngurah Akhsara Danadiputra. Selain itu, Ercik juga juga berani berargumentasi dengan siapapun, baik berhadapan dengan internal BUMN ataupun di luar BUMN.

"Terakhir, Pak Menteri berani tampil di media sosial (medsos), menjelaskan visi BUMN kedepan dan selalu berbicara pentingnya akhlak," ungkap Emrus, di Jakarta, Minggu (23/2/2020).

Menurut Emrus percaya, bila Erick terus melakukan perbaikan yang substansitif maka akan ada perubahan manajemen dan kinerja BUMN. "Hal tersebut, akan menjadi gebarakan baru dalam membangun sistem BUMN dan menutup celah penyalahgunaan wewenang," tegas Emrus.

Kebijakan gaji direksi dan komisaris BUMN yang dinilai mencerminkan keadilan sosial. Di saat yang sama, program CSR (corporate social responsibility) BUMN juga bisa terdistribusi secara adil. Upaya pemetaan yang terkait dengan merger sebagian BUMN juga mendapat perhatian.

Baca Juga: Sinergi BUMN Dinilai Sangat Diperlukan

"Dengan pemetaan ini akan diketahui mana BUMN yang harus digabungkan dan mana yang tidak," pungkas Emrus.

 



Sumber: BeritaSatu.com