Jokowi Sebut Target Pertumbuhan Ekonomi 5,3% Masuk Akal

Jokowi Sebut Target Pertumbuhan Ekonomi 5,3% Masuk Akal
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi ( Foto: Antara/Sigid Kurniawan )
Lenny Tristia Tambun / WBP Kamis, 20 Februari 2020 | 16:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Saat ini sejumlah negara tengah menghadapi kelesuan ekonomi akibat tekanan global. Ditambah lagi adanya wabah penyakit yang diakibatkan virus korona. Kendati demikian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan target pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020 sebesar 5,3 persen tetap masuk akal.

“Masuk akal,” kata Jokowi seusai membuka Rakornas Investasi 2020 di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, Kamis (20/2/2020).

Menurut Jokowi, target itu akan tercapai bila investasi di tahun 2020 yang dipatok Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebesar Rp 886 triliun terealisasi. “Syaratnya target investasi yang kita berikan kepada BKPM tercapai, yaitu sekitar Rp 886 triliun,” ujar Jokowi.

Sebagai gambaran, target investasi yang ditetapkan BKPM tahun ini lebih tinggi 9,51 persen dari realisasi tahun 2019 sebesar Rp 809,6 triliun.

Jokowi mengakui, beberapa masalah yang terjadi saat ini seperti penyebaran virus korona, adanya perang dagang hingga masalah di kawasan lain turut mempengaruhi ekonomi global. Alhasil, kondisi tersebut pun menyulitkan kinerja ekspor Indonesia.

Dalam kondisi tersebut, satu-satunya upaya yang dinilai dapat menjaga sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional ialah peningkatan investasi yang masuk ke Indonesia.

"Karena pasarnya semuanya turun, enggak mungkin kita mau menaikkan ekspor. Oleh sebab itu satu-satunya jalan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi hanya satu, investasi. Investasi ini bisa yang kecil, menengah maupun yang besar," jelas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, dengan adanya investasi, maka aliran modal masuk akan semakin besar, dan meningkatkan pergerakan uang di masyarakat. Menurut dia, pergerakan uang yang besar di masyarakat akan turut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com