Pemerintah Minta Maskapai Diskon Tarif ke Bali, Sultra, dan Kepri

Pemerintah Minta Maskapai Diskon Tarif ke Bali, Sultra, dan Kepri
Budi Karya Sumadi. ( Foto: Antara )
Thresa Sandra Desfika / RSAT Jumat, 7 Februari 2020 | 16:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com -  Pemerintah meminta maskapai memberikan diskon tarif pesawat domestik dari dan ke tiga wilayah, yakni Bali, Sulawesi Tenggara (Sultra), dan Kepulauan Riau (Kepri). Hal tersebut guna menjaga tingkat kunjungan wisatawan domestik di tiga daerah itu meningkat di tengah menurunnya kunjungan wisatawan asal Tiongkok, karena penutupan sementara rute penerbangan dari dan ke negara tersebut.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, pemerintah sudah membuat langkah-langkah strategi untuk mengantisipasi dampak penutupan rute penerbangan secara sementara dari dan ke Tiongkok. Salah satu langkah tersebut adalah mendorong maskapai untuk memberikan harga spesial untuk tiket penerbangan domestik di daerah-daerah yang biasa ramai dikunjungi wisatawan Tiongkok.

“Seperti dirapatkan ada tiga tempat terdampak yang besar, seperti Bali, Sulawesi Utara, dan Kepulauan Riau. Karenanya, saya rapat dengan INACA (Indonesia National Air Carriers Association), Garuda, dan sebagainya untuk memberikan harga spesial di tiga tempat itu,” ungkap Budi Karya di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Secara terpisah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan, pemerintah dan beberapa maskapai sudah melakukan koordinasi guna mengantisipasi dampak penutupan rute penerbangan secara sementara dari dan ke Tiongkok terhadap industri pariwisata nasional.

“Kami sudah berkoordinasi dengan beberapa airlines, dan pak menteri perhubungan juga, untuk mengalihkan atau menambah frekuensi rute pesawat ke Indonesia selain dari Tiongkok. Insyaallah akan ada dalam waktu dekat tambahan frekuensi atau rute dari luar negeri ke Indonesia,” imbuh Wishnutama.



Sumber: Investor Daily