Dukung Ibu Kota Baru, Pelindo IV Kembangkan Pelabuhan Loktuan

Dukung Ibu Kota Baru, Pelindo IV Kembangkan Pelabuhan Loktuan
Direktur Utama Pelindo IV, Farid Padang berbicara saat menggelar Media Gathering di Makassar, Sabtu (21/12/2019). ( Foto: Ismewa )
Thresa Sandra Desfika / FMB Rabu, 22 Januari 2020 | 14:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) akan mengembangkan Pelabuhan Loktuan, Bontang, Kalimantan Timur dengan anggaran sekitar Rp 38 miliar.

Direktur Utama Pelindo IV Farid Padang menyampaikan, kontribusi Pelabuhan Loktuan Bontang terhadap pendapatan perusahaan pada 2018, dari segmen kunjungan kapal, memang masih cukup kecil, yakni sekitar 3,24 persen.

"Namun, potensi komoditas yang dimiliki dan ekspor dari Bontang cukup besar. Kami menyiapkan sebesar Rp 38 miliar, khusus untuk pengembangan Pelabuhan Umum Loktuan Bontang," terang Farid Padang dalam keterangannya, Rabu (22/1/2020).

Menurut Farid, sebenarnya juga sudah ada pelabuhan milik Pemerintah Kota Bontang yang diadakan kerja sama dengan Pelindo IV. Wali kota Bontang pun ingin ke depan BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan itu melakukan ekspansi untuk menambah fasilitas sehingga akan dilakukan kerja sama baru untuk pengembangan tersebut.

“Dalam rangka mendukung ibu kota negara (IKN) baru, maka beberapa kabupaten di Kalimantan Timur yang memiliki pelabuhan ingin mengembangkan kapasitas pelabuhannya," jelas Farid.

Sementara itu, Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni mengatakan pihaknya sangat berharap kerja sama pengembangan Pelabuhan Umum Loktuan Bontang dengan Pelindo IV dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

“Yang penting adalah keberlanjutannya karena ke depan aktivitas ekonomi di Bontang insyaallah akan cukup besar. Oleh sebab itu, Bontang harus memiliki pelabuhan untuk peti kemas,” ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com