Sri Mulyani Puji Nadiem Sebagai Sosok Inovatif

Sri Mulyani Puji Nadiem Sebagai Sosok Inovatif
Sri Mulyani Indrawati ( Foto: SP/Joanito de Saojoao / SP/Joanito de Saojoao )
/ WBP Selasa, 29 Oktober 2019 | 15:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa keberadaan menteri berusia muda pada Kabinet Indonesia Maju di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dapat menjadi pengingat untuk terus berinovasi.

Sri Mulyani mencontohkan, pertemuannya dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang saat ini berumur 35 tahun memberikan sinyal kepada dirinya untuk melakukan perubahan. “It is a good reminder, kita diskusi dan banyak mendengarkan apa yang dia pikirkan tentang perubahan,” kata Sri Mulyani Indrawati di Gedung Dhanapala, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Sri Mulyani sadar bahwa perubahan adalah suatu keniscayaan. “Saya waktu berdiri di sebelah Nadiem saat pelantikan, and I just realize that I am so old now. Menteri yang sangat muda ini buat saya mengusik, mengingatkan kepada saya bahwa perubahan itu adalah keniscayaan,” ujar Sri Mulyani.

Ia mengingatkan kepada seluruh jajaran di Kementerian Keuangan untuk tidak malu belajar dari segala sisi agar dapat terus melakukan transformasi menjadi lebih baik. “Di dalam era seperti ini saya terus mendorong Kementerian Keuangan untuk tidak segan belajar dari siapa saja,” kata Sri Mulyani.

Tak hanya menjadikan negara lain sebagai panutan, Sri Mulyani ingin jajaran Kemkeu belajar dari pihak swasta yang telah terbukti mampu membawa perubahan memajukan Indonesia. “Sisi mindset mengelola institusi bisa dari swasta terutama yang berhasil dan selalu bertransformasi,” kata Sri Mulyani.

Ia melanjutkan, Kemkeu bisa menjadikan seseorang sebagai inspirasi untuk menemukan ide dalam berinovasi seperti Nadiem Makarim yang telah memberinya semangat melakukan perubahan. “Dari perseorangan yang selalu punya ide dan idenya itu berharga untuk kita dengarkan dan adopsi, maka kita juga harus mampu untuk belajar kepada itu,” ujar Sri Mulyani.

Menurutnya, jika para pegawai Kemkeu dapat bertransformasi dan menciptakan berbagai inovasi maka akan berkontribusi menciptakan Indonesia sebagai negara hebat. “Kita bangga menjadi Indonesia sehingga harus terus bertransformasi yang menjadikan bangsa kita sebagai a great nation,” kata Sri Mulyani.



Sumber: ANTARA