Investor Tiongkok Guyur Rp 23,3 Triliun untuk Tol Probowangi

Investor Tiongkok Guyur Rp 23,3 Triliun untuk Tol Probowangi
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. ( Foto: Antara / Rivan Awal Lingga )
Aichi Halik / AHL Senin, 14 Oktober 2019 | 21:18 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sebuah perusahaan asal Tiongkok PT China Communications Construction Indonesia (CCCI) menyetujui komitmen investasi sebesar Rp23,3 triliun untuk pembangunan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi).

Kerja sama ini dilakukan lewat organisasi Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA) oleh Kementerian PPN/Bappenas.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, investasi dilakukan dengan kerja sama pembiayaan ekuitas langsung (direct equity financing) antara PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT China Communications Construction Indonesia (CCCI).

"CCCI dan Jasa Marga akan membangun salah satu ruas tol terpanjang di Trans Java yaitu dari Probolinggo sampai Banyuwangi. Hal ini sangat baik karena mendorong equity financing," kata Bambang usai acara penandatanganan Perjanjian Pendahuluan di kantornya, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Menurut Bambang, skema equity financing membuat investor dari CCCI bakal memiliki saham pada anak usaha milik Jasa Marga yang membangun ruas tol Probolinggo- Banyuwangi, yakni PT Jasamarga Probolinggo-Banyuwangi (JCB).

Selain itu, PINA juga berhasil memfasilitasi kerjasama antara PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) dan PT Jasa Sarana dengan PT ILB. Kerja sama ini akan digunakan untuk mendukung kebutuhan pembangunan di sekitar proyek infrastruktur.



Sumber: BeritaSatu TV