Menhub Tinjau Pemberangkatan Jemaah Calon Haji di Bandara Soetta

Menhub Tinjau Pemberangkatan Jemaah Calon Haji di Bandara Soetta
Budi Karya Sumadi. ( Foto: Antara )
/ WBP Minggu, 21 Juli 2019 | 15:34 WIB

Tangerang, Beritasatu.com  - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pemberangkatan jemaah calon haji di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (21/7/2019). Menhub mengapresiasi pelayanan yang diberikan baik oleh Angkasa Pura II, maskapai, maupun pihak imigrasi Arab Saudi.

"Saya pikir ini satu penyelenggaraan yang baik. Dari Imigrasi Saudi seperti yang saya katakan tadi segala sesuatu berkaitan dengan keimigrasian sudah diselesaikan di Indonesia, jadi imigrasi selesai. Bahkan saya tadi surprise bagi yang berkebutuhan khusus mejanya khusus agak di bawah gitu. Ini satu pelayanan yang ditingkatkan," ujar Budi Karya.

Menhub meminta masukan dari pihak imigrasi terkait pelayanan yang diberikan Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola bandara sehingga bisa semakin ditingkatkan ke depannya. "Saya minta kepada teman-teman AP II untuk meningkatkan pelayanan, bahkan kepada Saudi saya bilang apa yang harus kita tingkatkan. Oleh karenanya, terminal 2D ini memang kita dedikasikan untuk haji ke depannya, jadi mereka kita harapkan mendapatkan pelayanan yang baik," ujar Budi Karya.

Budi mengklaim jemaah calon haji senang dengan pelayanan yang diberikan baik dari pihak bandara, imigrasi, maupun maskapai penerbangan, terutama bagi jemaah disabilitas dan lanjut usia

"Saya tadi sempat bicara dengan mereka, sangat baik ya, baik dari Soetta maupun airline sudah berkoordinasi bagaimana memberikan perlakuan khusus kepada mereka, katakanlah boarding pass-nya mereka duluan. Kedua, bahkan tempat imigrasinya lebih rendah, jadi mereka tidak perlu tinggi. Jadi mereka confident tidak disuruh harus berdiri," ujar Budi Karya.

Terkait penyelenggaraan ibadah haji, Kementerian Perhubungan memastikan seluruh pesawat operasional penerbangan haji tahun 2019 sudah melalui uji kelaikan dan lulus, sehingga diharapkan tiba di Arab Saudi dengan aman tanpa ada kendala.



Sumber: ANTARA