DPR Dukung Rencana Presiden Jokowi Bubarkan 18 Lembaga Nonstruktural

DPR Dukung Rencana Presiden Jokowi Bubarkan 18 Lembaga Nonstruktural
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. (Foto: beritasatu tv)
Markus Junianto Sihaloho / CAR Selasa, 14 Juli 2020 | 12:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) membubarkan 18 lembaga nonstruktural (LNS) didukung oleh DPR. Sebab banyak LNS yang kinerjanya dinilai kurang optimal, bahkan tidak perlu lagi dipertahankan.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyatakan DPR sangat memahami semangat Presiden Jokowi untuk memangkas birokrasi sekaligus mengefektifkan kerja LNS. Menurutnya, sejauh ini DPR belum menerima secara rinci LNS yang nantinya dibubarkan.

“Rencana pembubaran itu patut kita apresiasi, namun memang perlu dibahas nanti mana saja lembaga-lembaga yang perlu dibubarkan, karena kita harus lihat nanti apa dampak terhadap tatanan negara dan efek-efek lain yang akan terjadi,” kata Dasco, Selasa (14/7/2020).

Dasco mengatakan memang ada LNS yang dianggapnya peninggalan masa lalu dan sekarang tidak begitu dibutuhkan. Demi objektivitas, dia enggan menyebut institusi tersebut. Menurutnya agar objektif tim ahli pemerintah yang menyampaikan kepada Presiden Jokowi, berdasarkan studi komprehensif.

“Kalau kita lihat memang ada yang belum berfungsi maksimal, namun ya kita lihat dari bagian dari tim yang akan ditunjuk oleh Presiden. Secara kelembagaan DPR masih tidak akan memberikan masukan kepada Presiden,” ungkapnya.



Sumber: BeritaSatu.com