LPS Turunkan Lagi Tingkat Bunga Penjaminan Simpanan

LPS Turunkan Lagi Tingkat Bunga Penjaminan Simpanan
Seorang wanita melintas di kantor LPS di Jakarta, Senin (13/5/19). LPS mempertahankan tingkat suku bunga penjaminan untik periode 15 Mei 2019 sampai dengan 25 September 2019 yaitu untuk Rupiah sebesar 7 persen dan Valas 2,25 persen serta rupiah untuk BPR 9,50 persen. ( Foto: beritasatu photo / defrizal )
Ahmad Salman / AIS Selasa, 24 September 2019 | 22:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) menurunkan lagi tingkat bunga penjaminan simpanan. LPS menurunkan tingkat bunga penjaminan masing-masing 25 basis poin.

Tingkat bunga penjaminan untuk simpanan rupiah di bank umum diturunkan menjadi 6,5%. Sedangkan simpanan valas di bank umum menjadi 2%. Selanjutnya simpanan rupiah di Bank Perkreditan Rakyat menjadi 9%. Ini berlaku mulai 26 September 2019 hingga 24 Januari 2020.

Langkah ini adalah penurunan kedua yang dilakukan tahun ini. Sebelumnya pada akhir Juli lalu, LPS juga menurunkan tingkat bunga penjaminan sebesar 25 basis poin untuk simpanan rupiah di bank umum dan BPR.

Ada beberapa faktor mendorong LPS kembali menurunkan tingkat bunga pada pekan ke-4 September ini. Salah satunya adalah suku bunga simpanan yang bergerak menurun secara bertahap, setelah Bank Indonesia memangkas suku bunga acuan.

Faktor lain LPS memperhitungkan prospek dan risiko likuiditas perbankan yang dinilai masih baik, terefleksi dari loan to deposit ratio, yang turun menjadi 93,81 persen per Juli.



Sumber: BeritaSatu TV