Menlu Retno Marsudi Pastikan 362 WNI di MS Westerdam, Sehat

Menlu Retno Marsudi Pastikan 362 WNI di MS Westerdam, Sehat
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (depan tengah), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (depan kiri) dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam konferensi pers tentang penjemputan warga Indonesia di Tiongkok. ( Foto: ANTARA )
Lenny Tristia Tambun / FMB Senin, 17 Februari 2020 | 21:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan ada 362 WNI yang menjadi kru Kapal Pesiar MS Westerdam. Mereka dipastikan dalam kondisi sehat dari virus Korona.

“WNI kita yang ada di Kapal Westerdam yang saat ini berlabuh di Kamboja. Jumlah kru WNI di kapal ini adalah jumlah kru yang terbesar. Jumlahnya 362 orang. Dari 362 orang ini, pada saat mereka berlabuh, mereka dalam kondisi sehat,” kata Retno Marsudi di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Dia menjelaskan, dari jumlah tersebut, ada sebanyak 60 kru WNI yang masa kontrak kerjanya sudah selesai dan menyatakan akan pulang ke Indonesia. Namun, ada sebanyak 33 kru WNI yang kemudian diperpanjang kontraknya, sehingga yang sudah kembali ke Indonesia ada 27 orang kru WNI.

“Begitu mereka tiba di Indonesia, sudah dilakukan pengecekan kesehatan oleh tim Kementerian Kesehatan. Mereka diberikan juga health alert card. Sejauh ini mereka ada dalam kondisi sehat,” ujar Retno Marsudi.

Seperti diberitakan, Kapal pesiar milik Holland America Line diizinkan berlabuh di Kamboja setelah ditolak lima negara karena virus korona. Menurut informasi yang diterima Kementerian Luar Negeri, kapal itu akan bersandar di Kamboja hingga 27 Februari 2020.

“Nah menurut informasi kapal tersebut, kapal itu akan sandar sampai 27 Februari. Itu adalah informasi per detik ini,” ungkap Retno Marsudi.

Sedangkan, satu orang WNI yang positif terkena virus korona di Singapura, menurut Retno Marsudi sudah dalam kondisi stabil. “Lalu soal WNI kita yang confirm di Singapura, itu dari komunikasi saya pagi ini dengan dubes kita, kondisinya adalah stabil,” paparnya.



Sumber: BeritaSatu.com