Wisatawan AS Positif Virus Korona Ke-22 di Malaysia

Wisatawan AS Positif Virus Korona Ke-22 di Malaysia
Penanganan penderita yang terinfeksi virus korona. ( Foto: ANTARA )
/ JAS Minggu, 16 Februari 2020 | 11:51 WIB

Kuala Lumpur, Beritasatu.com - Malaysia kembali mengumumkan adanya warga yang terjangkit virus korona baru atau Covid-19 pada Minggu (16/2/2020).   

Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) menyatakan seorang wisatawan warga negara Amerika Serikat (AS) positif terjangkit virus Covid-19. Kasus terbaru ini menjadikan jumlah keseluruhan warga di Malaysia yang terjangkit virus ini mencapai 22 orang.

Dirjen Kesehatan Malaysia Dr Noor Hisham Abdullah dalam siaran pers di Putrajaya, Minggu, mengatakan wanita berusia 82 tahun tersebut adalah salah seorang penumpang kapal pesiar yang berlabuh di Kamboja pada 13 Februari 2020.

"Sebanyak 145 penumpang kapal pesiar tersebut mengambil penerbangan ke Malaysia pada 14 Februari," ujar Noor Hisham.

Dari jumlah tersebut, ujar dia, yang bersangkutan dan suaminya terdeteksi menunjukkan simptom saat tiba di KLIA dan dirujuk ke Rumah Sakit Sungai Buloh untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"Uji deteksi Covid-19 dijalankan oleh Institut Penelitian Pengobatan Malaysia (IMR) dan dinyatakan positif pada 15 Februari 2020," katanya.

Noor Hisham mengatakan untuk saat ini uji deteksi Covid-19 terhadap suami wanita tersebut adalah negatif.

Sebelumnya, media internasional melaporkan kapal pesiar WS Westerdam diperbolehkan berlabuh di perairan Kamboja setelah ditolak oleh empat negara yang khawatir dengan penularan wabah Covid-19.

Kapal yang membawa 2.200 penumpang termasuk 802 anak buah kapal tersebut tidak diterima untuk berlabuh di Jepang, Taiwan, Filipina, dan Thailand.

Semua penumpang dan awak kapal harus menjalani pemeriksaan bagi memastikan mereka bebas virus tersebut.

Sebelumnya, dua kasus baru Covid-19 melibatkan warga Tiongkok sehingga menjadikan jumlah keseluruhan terjangkit virus di Malaysia mencapai 22 kasus termasuk enam warga setempat.



Sumber: ANTARA