Pemimpin Dunia Yakin Jokowi Bawa Indonesia Semakin Maju

Pemimpin Dunia Yakin Jokowi Bawa Indonesia Semakin Maju
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima ucapan selamat dari Wakil Presiden Tiongkok, Wang Qishan, setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, di Gedung MPR RI, Minggu (20/10/2019). ( Foto: Achmad Ibrahim / AFP )
Jeany Aipassa / JAI Senin, 21 Oktober 2019 | 14:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sejumlah pemimpin dunia meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membawa Indonesia semakin maju di periode kedua pemerintahannya. Meski demikian, sejumlah pengamat menilai, tantangan terberat Jokowi ke depan adalah memberantas korupsi dan menegakkan demokrasi.

Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, mengatakan dirinya percaya Republik Indonesia (RI) dibawah kepemimpinan Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin (MA), akan terus berjaya, maju dan makmur.

Mahathir Mohamad menyampaikan hal itu, melalui cuitan di akun Twitter-nya, seusai menghadiri pelantikan Jokowi dan MA di Gedung MPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

“Saya mendoakan Yang Mulia Presiden (Jokowi, Red) dan seluruh rakyat Republik Indonesia senantiasa beroleh rahmat dan keberkahan,” ujar Mahathir Mohamad, dalam cuitan di akun Twitter yang menggunakan Bahasa Melayu.

Mahathir Mohamad juga menyampaikan harapan agar hubungan kerja sama Malaysia dan Indonesia semakin meningkat di periode kedua pemerintahan Jokowi, terutama dalam mengatasi masalah dan isu di kawasan Asia Tenggara.

Pernyataan senada juga disampaikan Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in, yang tidak hadir pada acara pelantikan Jokowi dan MA. Melalui cuitan di akun Twitter-nya, Moon Jae-in menyampaikan selamat kepada Jokowi dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Melayu.

Moon Jae-in mengungkapkan, meskipun menghadapi berbagai tantangan di periode kedua pemerintahannya, termasuk isu Papua, Jokowi akan mampu merangkul seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk menikmati kemajuan.

“Saya mengucapkan selamat atas pelantikan sahabat baik saya Bapak Joko Widodo sebagai Presiden RI. Di bawah kepemimpinan Bapak yang merangkul seluruh lapisan masyarakat, Indonesia akan semakin menikmati pertumbuhan yang dinamis," kata Moon Jae-in melalui akun Twitter-nya.

Moon Jae -in meyakini, hubungan Korea dan RI akan semakin meningkat dan kuat di periode kedua pemerintahan Jokowi. Moon Jae-in bahkan menyampaikan keinginan untuk segera bertemu Jokowi agar dapat menyampaikan ucapan selamat secara langsung.

Pernyataan yang sama juga disampaikan Perdana Menteri Inida, Narendra Modi. Selain mengucapkan selamat kepada Jokowi, Narendra Modi juga menyampaikan optimismenya bahwa kepemimpinan Jokowi yang dinamis akan membawa kemajuan bagi rakyat Indonesia.

"Saya berharap hubungan kedua negara akan terus bertumbuh dalam kemitraan yang strategis dan komprehensif," ujar Narendra Modi, dalam cuitan di Twitter-nya.



Sumber: Suara Pembaruan