Akibat Topan Faxai, Ribuan Warga Jepang Dievakuasi

Akibat Topan Faxai, Ribuan Warga Jepang Dievakuasi
Seorang wanita memegang payungnya saat angin bertiup di Tokyo, Jepang, Minggu (8/9/2019). Topan kuat Faxai yang dapat membawa angin dan hujan deras di Tokyo. ( Foto: AFP / CHARLY TRIBALLEAU )
Unggul Wirawan / WIR Senin, 9 September 2019 | 17:36 WIB

Tokyo, Beritasatu.com- Topan kuat Faxai dengan potensi angin dan hujan deras menghantam wilayah Tokyo Senin (9/9) pagi. Topan ini memicu peringatan evakuasi puluhan ribu warga, pemadaman listrik besar-besaran, dan gangguan transportasi.

Menurut kepolisian Tokyo, topan mengakibatkan satu orang tewas. Lebih dari 160 penerbangan di bandara Tokyo dibatalkan.

Topan Faxai meniupkan angin hingga 216 kilometer per jam. Topan mendarat di Chiba tepat di sebelah timur ibu kota sebelum fajar, setelah meluncur melalui Teluk Tokyo.

Stasiun televisi NHK melaporkan di Twitter, sekitar 5.000 orang di prefektur Chiba dan Kanagawa diperintahkan untuk mengungsi.

Pihak berwenang mengeluarkan peringatan evakuasi tidak wajib kepada lebih dari 390.000 orang, karena Badan Metereologi memperingatkan hujan dan angin bisa mencapai proporsi "rekor".

Hampir 290.000 rumah tangga kehilangan pasokan listrik di wilayah itu. Sementara setidaknya 10 rumah rusak di Shizuoka dengan jendela-jendela hancur dan mobil-mobil terbalik ke samping.

“Harap waspada penuh terhadap hembusan dan gelombang tinggi dan waspadai tanah longsor, banjir, dan sungai meluap,” kata Badan Metereologi Jepang.

Rekaman televisi memperlihatkan atap besar runtuh di satu pompa bensin di Tateyama, selatan Tokyo, sementara pompa hancur di bawahnya.

Faxai dikhawatirkan akan menyebabkan malapetaka dalam perjalanan Senin pagi di Tokyo. Perusahaan Central Japan Railway membatalkan atau menangguhkan sekitar 50 layanan kereta peluru antara Tokyo dan Osaka mulai pukul 09.00 . Perusahaan juga memperingatkan kemungkinan penundaan tambahan dan perubahan tujuan akibat badai.



Sumber: Suara Pembaruan