Kisruh Hong Kong, Bintang Pop Dukung Beijing

Kisruh Hong Kong, Bintang Pop Dukung Beijing
Victoria Song ( Foto: Celebritynetworth / Dokumentasi )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Selasa, 20 Agustus 2019 | 20:26 WIB

Beijing, Beritasatu.com- Setidaknya delapan bintang pop dari Tiongkok, serta seorang penyanyi dari Taiwan dan seorang lagi dari Hong Kong, menyuarakan dukungan mereka untuk Beijing.

Dukungan terbuka disampaikan setelah para demonstran di Hong Kong mencopot bendera Tiongkok awal bulan ini lalu melemparkannya ke Pelabuhan Victoria.

Para bintang pop itu termasuk para penyanyi dari grup band Korea Selatan (K-Pop), yaitu Lay Zhang, Jackson Wang, Lai Kuan-lin, dan Victoria Song.

Lewat akun Instagram, Song, penyanyi kelahiran Tiongkok, menampilkan bendera Tiongkok dengan tulisan “Hong Kong adalah bagian dari Tiongkok selamanya”. Di akun media sosial Weibo, Song juga menyatakan dirinya sebagai “satu dari 1,4 juta penjaga bendera Tiongkok”.

Sementara, Lay Zhang, yang juga kelahiran Tiongkok dan model untuk merk Amerika Serikat (AS) Calvin Klein, mengkritik perusahaan itu pekan lalu karena memasukkan Taiwan dan Hong Kong dalam daftar negara tempat operasinya, serta mengancam akan memutuskan kontrak.
“Zhang sangat mencintai negaranya dan mendukung kebijakan 'satu Tiongkok,” ujarnya dalam akun Weibo.

Di pihak lain, Presiden AS Donald Trump memperingatkan tindakan keras di Hong Kong akan mengancam kesepakatan dagang dengan AS. Trump meminta solusi kemanusiaan atas kerusuhan tersebut.

“Saya ingin melihat Hong Kong bekerja dengan cara yang sangat kemanusiaan. Saya pikir itu akan sangat baik untuk kesepakatan dagang,” ujar Trump.



Sumber: Suara Pembaruan