Anak-anak Pakistan Terdampak Wabah HIV

Anak-anak Pakistan Terdampak Wabah HIV
Seorang paramedis Pakistan mengambil sampel darah dari seorang anak perempuan untuk tes HIV di rumah sakit yang dikelola pemerintah di Rato Dero, Larkana dari provinsi Sindh, Pakistan, pada 9 Mei 2019. ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 22 Mei 2019 | 17:14 WIB

Islamabad, Beritasatu.com- Anak-anak Pakistan terkena dampak terburuk dari wabah HIV, baru-baru ini. Seperti dilaporkan BBC, Selasa (21/5), anak-anak itu terinfeksi HIV dan tidak ada yang tahu penyebabnya.

Tanda pertama bahwa ada sesuatu yang salah di kota kecil selatan Pakistan, Ratto Dero, muncul pada bulan Februari. Sejumlah orang tua yang cemas membawa anak-anak mereka ke dokter, mengeluh bahwa anak-anak kecil mereka tidak bisa sembuh dari demam.

Dalam beberapa minggu, lebih banyak anak lagi datang menderita penyakit yang sama. Dr Imran Aarbani pun mengirim contoh darah anak-anak untuk diuji. Hasil tes ternyata mengkonfirmasi ketakutan terburuk Aarbani yakni anak-anak itu terinfeksi HIV.

"Pada 24 April, 15 anak dinyatakan positif, meskipun tidak ada orang tua mereka yang membawa virus," kata dokter rumah sakit kepada BBC.

Pada April lalu, lebih dari 607 orang atau 75% dari mereka anak-anak, telah didiagnosis dengan virus tersebut. Desas-desus tentang wabah HIV membuat para keluarga bergegas ke satu kamp khusus yang didirikan di rumah sakit pemerintah kota oleh departemen kesehatan provinsi Sindh.



Sumber: Suara Pembaruan