Logo BeritaSatu

Kejagung Terus Usut Aktor Intelektual Lain Kasus Asabri

Senin, 6 September 2021 | 19:28 WIB
Oleh : Chairul Fikri / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Tim penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) hingga kini masih terus bekerja keras dalam mengungkap para pihak yang teribat dalam kasus dugaan korupsi PT Asabari yang ditaksir merugikan keuangan negara hingga Rp 22,7 triliun lebih. Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Supardi memastikan, pihaknya akan terus mengembangkan kasus Asabri ini dengan menyeret semua pihak yang terlibat tanpa pandang bulu.

"Akan terus kita dalami semua pihak yang diduga terlibat," kata Supardi kepada media, Senin (6/9/2021).

Dikatakan, tim penyidik kini telah menetapkan tersangka baru, yakni Teddy Tjokrosaputro yang merupakan Presiden Direktur PT Rimo International Lestari, partner sekaligus sebagai adik kandung dari tersangka Benny Tjokrosaputro sebagai pemegang saham RIMO.

"Kita baru tetapkan Teddy Tjokrosaputro sebagai tersangka baru kasus korupsi di Asabri. Dan sejauh ini kita akan tetap usut yang lainnya untuk menemukan tersangka baru lainnya," katanya.

Kegigihan penyidik dalam mengungkap dan menyeret para pihak yang belum terungkap mendapat dorongan dari sejumlah pihak. Salah satunya, pakar hukum pidana Universitas Islam Indonesia (UII), Mudzakir yang mendorong penyidik kejaksaan agar terus mendalami para aktor yang menikmati dan terlibat kasus PT Asabri.

"Kita juga mendorong dan meminta penyidik menerapkan pasal penyertaan dengan teknik pengujian satu paket dakwaan. Dengan begitu akan tergambar siapa aktor intelektual dalam kasus Asabri tersebut. Sebab, tercecernya peran aktor intelektual dalam satu perkara karena penyidik atau jaksa penuntut men-split berkas masing-masing tersangka. Jadi ketika nanti di persidangan, yang terungkap tersangka dengan peran-peran pinggiran bukan pelaku utama. Karena itu penting menjadikan satu paket dakwaan," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Kepala RS Tewas Ditikam


# Inflasi


# Bob Tutupoly Meninggal


# Polisi Gadungan


# Update Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
AKHLAK Award BUMN 2022, Keterbukaan BUMN Diapresiasi

AKHLAK Award BUMN 2022, Keterbukaan BUMN Diapresiasi

NEWS | 18 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings