Dewan Kota Setuju Pembubaran Kepolisian Minneapolis

Dewan Kota Setuju Pembubaran Kepolisian Minneapolis
Demonstrasi Black Lives Matter di Dallas, Amerika Serikat, Kamis 7 Juli 2016. (Foto: Mirror)
Natasa Christy Wahyuni / WIR Selasa, 9 Juni 2020 | 08:15 WIB

Minneapolis, Beritasatu.com-Dewan Kota Minneapolis, Minggu (7/8), menyatakan akan melakukan perubahan radikal untuk membubarkan dan membangun lagi departemen kepolisian di kota itu menyusul kematian dari pria kulit hitam, George Floyd.

Sembilan dari 12 anggota dewan kota menyatakan dukungan atas pembubaran kepolisian dan mengusulkan untuk menggantinya dengan model keamanan publik berbasis masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk membongkar kepolisian seperti yang kita tahu di kota Minneapolis dan membangun kembali dengan masyarakat kami model baru keamanan publik yang benar-benar menjaga keamanan masyarakat,” kata Presiden Dewan Lisa Bender kepada CNN, Minggu.

Rincian mengenai sistem baru tersebut masih belum jelas. Anggota dewan, Alondra Cano, lewat pesan di Twitter, menyatakan keputusan itu dipilih oleh mayoritas anggota sehingga tidak bisa diveto oleh dewan tersebut, yang isinya menyetujui departemen polisi “tidak dapat direformasi dan setuju untuk mengakhiri sistem kepolisian saat ini”.

Kasus Floyd, seorang keturunan Afrika-Amerika, adalah kasus terbaru kematian warga kulit hitam AS oleh penegak hukum kulit putih.



Sumber: Suara Pembaruan