Untuk Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok, Trump Tunggu Pertemuan Xi Jinping

Untuk Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok, Trump Tunggu Pertemuan Xi Jinping
Foto dokumentasi pada 18 April 2019 menunjukkan karyawan Tiongkok bekerja di satu pabrik tekstil di Rongjiang di provinsi Guizhou, Tiongkok barat daya. ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Jeanny Aipassa / WIR Kamis, 17 Oktober 2019 | 12:10 WIB

Washington, Beritasatu.com- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengatakan kepastian penandatanganan kesepakatan dagang "tahap 1" dengan Tiongkok akan ditentukan setelah dia bertemu dengan Presiden Xi Jinping.

Menurut Trump, dia kemungkinan tidak akan menandatangani perjanjian perdagangan dengan Tiongkok, sampai dia bertemu dengan Presiden Xi Jinping di Forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), di Santiago, Chili, pada 11-17 November 2019.

Saat ini, lanjut Trump, kesepakatan perdagangan parsial yang dibuat AS dan Tiongkok dan diumumkan pekan lalu, sedang dalam proses formalisasi.

"Ini sedang disusun (rinciannya, Red)," kata Trump, dalam jumpa pers di Gedung Putih, Washington, Rabu (16/10).

Pekan lalu, Trump dan Wakil Perdana Menteri China Liu He mengumumkan "tahap 1" dari kesepakatan untuk mengakhiri perang dagang antara Beijing dan Washington, tetapi tidak menyampaikan banyak detail.

Tiongkok mengharapkan, pembicaraan untuk merampungkan rincian kesepakatan "tahap 1" pakta dagang AS-Tiongkok, dapat diaelesaikan pada akhir Oktober 2019, sehingga kedua pemimpin negara dapat menandatangani kesepakatan itu, pada November 2019.

Namun Trump mengatakan, dia akan menandatangani kesepakatan tersebut, setelah bertemu dengan Xi Jinping. Hal itu, menimbulkan spekulasi bahwa kesepakatan yang disusun di tingkat pejabat tinggi, kemungkinan tidak akan ditandatangani, jika pertemuan Trump dan Xi tak berjalan lancar.



Sumber: Suara Pembaruan