Masuk Zona Hijau Covid-19, Pemkot Bekasi Akan Buka Sekolah

Masuk Zona Hijau Covid-19, Pemkot Bekasi Akan Buka Sekolah
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengikuti simulasi kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah percontohan saat memasuki tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19. (Foto: Beritasatu Photo / Mikael Niman)
Mikael Niman / JAS Kamis, 9 Juli 2020 | 18:25 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengklaim wilayahnya telah masuk zona hijau Covid-19. Dengan begitu, Pemkot Bekasi memastikan akan membuka sekolah-sekolah tahun ajaran 2020/2021 pada pertengahan Juli mendatang.

Termasuk mengizinkan kembali pengoperasian ojek daring (ojol) membawa penumpang dan membuka tempat hiburan atau tempat wisata dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Sudah masuk zona hijau,” ujar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Kamis (9/7/2020).

Dia menjelaskan, sejak 26 Mei 2020 lalu angka kematian terkonfirmasi Covid-19 di Kota Bekasi, nihil. Begitu pula dengan angka kesembuhan pasien Covid-19 mencapai 100 persen. “Kota Bekasi sudah aman,” imbuhnya.

Hal terpenting, kata dia, adalah ketersediaan sarana dan prasarana untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dia menjelaskan, saat ini alat tes cepat molekuler (rapid test) masih tersisa sekitar 1.200 unit sedangkan alat PCR menyisakan sekitar 4.000 unit. Pemkot Bekasi telah memeriksa 48.000 orang atau sekitar 2 persen jumlah penduduk untuk tes cepat sedangkan pemeriksaan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) mencapai 20.000 atau mendekati 1 persen jumlah penduduk.

Sementara itu, sebanyak 1.013 RW se-Kota Bekasi, hanya sekitar 12-15 RW saja yang masih zona merah. “Artinya, kurang dari 10 persen jumlah RW yang ada, masa kita khawatir dengan hal itu? Yang penting sarana, prasarana penunjang tersedia, tim teknisnya, tim medisnya, tim surveilans-nya tersedia,” imbuhnya.

Berdasarkan indikator tersebut, Pemkot Bekasi akan membuka kembali sekolah-sekolah pada 13 Juli 2020. Semua proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kota Bekasi telah dirampungkan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) hanya mengizinkan sekolah kembali dibuka untuk daerah yang masuk zona hijau penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi bersama Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Wijonarko, Dandim 0507 Bekasi Letkol Arm Iwan Apriansyah dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah meninjau langsung kesiapan sekolah untuk penerapan protokol kesehatan di masa new normal.

Ada empat sekolah yang menjadi percontohan dalam kesiapan kegiatan belajar mengajar (KBM) tahun ajaran 2020/2021. Sekolah tersebut yakni, Sekolah Victory Plus Kemang Pratama, SD Islam Al Azhar Jakapermai, SMP Negeri 2 Kota Bekasi, dan SD Negeri 6 Pekayonjaya.

“Jadi, orangtua juga tidak perlu khawatir, sekolah-sekolah juga pasti waspada terhadap siswanya dengan mengikuti protokol kesehatannya,” kata Rahmat.

 



Sumber: BeritaSatu.com