APPSI Minta Pedagang Pasar Jaga Stabilitas Harga

APPSI Minta Pedagang Pasar Jaga Stabilitas Harga
Ilustrasi pasar tradisional (Foto: ilustrasi)
Carlos Roy Fajarta / FER Kamis, 19 Maret 2020 | 23:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Ferry Juliantono meminta peran serta pengurus koperasi pedagang pasar di seluruh Indonesia meminta seluruh pedagang pasar dapat menjaga ketersediaan kebutuhan bahan pangan untuk masyarakat.

"Mencermati kondisi perekonomian saat ini, dengan ini saya mengimbau kepada Pengurus Pusat Koperasi Pedagang Pasar (Puskoppas) dan Pengurus Koperasi Pedagang Pasar (Koppas) untuk membantu menjaga stabilitas harga bahan pangan di pasar," ujar Ferry Juliantono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Baca: Digitalisasi Dorong Daya Saing Pasar Tradisional

Ferry juga meminta pengurus, anggota koperasi serta paguyuban pasar dapat bekerja sama dan berkoordinasi dalam rangka mengupayakan terjaminnya pasokan bahan pangan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.

"Jangan melakukan upaya spekulatif dengan menyimpan atau menimbun bahan pangan, menaikkan harga dengan tidak wajar yang berdampak merugikan pedagang sendiri dan berpotensi pula menjadi tindak pidana," jelasnya.

Baca: BRI Rilis Fitur Cash Pick Up Bagi Pedagang Pasar

Pedagang pasar juga diminta memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan panic buying sehingga stabilitas pasokan barang, mengurangi resiko kelangkaan barang di pasar, dan harga tetap dapat terjaga.

"Kepada para pedagang perlu selalu menjaga kebersihan kios masing-masing pedagang di pasar dan lindungi kesehatan diri dengan menggunakan masker, sarung tangan, serta sesering mungkin cuci tangan menggunakan sabun pencuci tangan atau menggunakan semprotan disinfektan atau hand sanitizer," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com