DPRD Sahkan Tatib Pemilihan Wagub DKI

DPRD Sahkan Tatib Pemilihan Wagub DKI
Suasana rapat paripurna DPRD DKI Jakarta, Kamis 3 Oktober 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )
Hotman Siregar / JAS Rabu, 19 Februari 2020 | 17:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Rancangan Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta terkait tata tertib resmi Pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) disahkan melalui rapat paripurna, Rabu (19/2).

Rapat paripurna ini dipimpin Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi serta dihadiri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi saat membuka rapat paripurna mengatakan, awalnya rancangan peraturan tatib dewan yang diusulkan sebanyak 187 pasal. Namun, setelah dievaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) menjadi 214 pasal.

"Mencermati hasil koreksi dari Kemdagri, salah satunya memuat materi pemilihan gubernur dan wakil gubernur oleh DPRD yang masa jabatannya lebih dari 18 bulan perlu diatur dalam peraturan tatib DPRD sesuai Peraturan Pemerintah No 12 tahun 2018 perihal Pedoman Penyusunan DPRD provinsi, Kota dan Kabupaten," ujar Prasetio, Rabu (19/2/2020).

DPRD DKI Jakarta, lanjut Prasetio, telah menggelar rapat pimpinan gabungan pada 17 dan 18 Februari 2020.

"Untuk itu dewan menyampaikan apresiasi kepada kinerja tim penyusun tatib DPRD yang telah selesai melaksanakan tugas sebagaimana mestinya," paparnya.

Sementara dalam laporan yang dibacakan oleh pimpinan Sekretariat DPRD DKI Jakarta, rancangan peraturan DPRD perihal Tata Tertib Dewan terdiri dari 20 bab dan 214 pasal. Adapun tata cara pemilihan calon wakil gubernur yang dipilih oleh dewan sebanyak 31 pasal.

Sementara Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap pemilihan calon gubernur seperti yang diatur di dalam Peraturan DPRD DKI Jakarta segera direalisasikan.

"Panitia dapat segera bekerja dan menuntaskan pemilihan calon wakil gubernur. Kita tunggu hasilnya," katanya.



Sumber: BeritaSatu.com