Bogor Diguyur Hujan Lebat, Sungai Ciliwung Naik Siaga III

Bogor Diguyur Hujan Lebat, Sungai Ciliwung Naik Siaga III
Bendung Katulampa. ( Foto: Antara )
Vento Saudale / RSAT Rabu, 5 Februari 2020 | 18:46 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Wilayah Bogor diguyur hujan deras sejak Rabu (5/2/2020) siang dan mengakibatkan tinggi muka air (TMA) Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa mulai menunjukkan kenaikan drastis. Masyarakat pun diimbau waspada mengingat status siaga III dengan TMA 90 sentimeter (cm) pada Rabu sore.

Kepala pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman menuturkan, pada Rabu pagi, posisi TMA di Bendung Katulampa masih dalam kategori aman dengan ketinggian 10 cm (batas 50 cm).

“Pukul 07.00, TMA masih 10 cm, hingga pukul 14.00, lalu berbarengan dengan hujan turun ketinggian 60 cm, pada pukul 17.00 lalu beberapa menit kemudian 70 cm, dan masih siaga IV. Hingga pukul 17.50 TMA di Bendung Katulampa naik drastis di 90 cm dengan status siaga III,” kata Andi yang dikonfirmasi, Rabu (5/2/2020) sore.

Kenaikan drastis TMA bertepatan dengan wilayah Bogor yang diguyur hujan sejak pukul 13.00 WIB dan bertahan hingga saat ini di hulu atau Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor.

“Untuk itu, masyarakat diimbau waspada mengingat prakiraan hujan terjadi sepanjang hari ini dan bisa meningkatkan tinggi air di bendung secara tiba-tiba,” papar Andi.

Sementara, TMA di pintu Panus, Depok ketinggian air masih dalam keadaan normal 100 sentimeter dari batas aman 125 sentimeter dan kondisi cuaca di Depok masih terpantau mendung.

BMKG memprediksi Bogor akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga deras sepanjang Rabu malam.

Cuaca pagi hari di Bogor hujan dengan intensitas ringan. Suhu udara sekitar 26 derajat selsius, kelembapan udara mencapai 80%, dan kecepatan angin 4 km/jam.

Di siang hari diperkirakan akan terjadi hujan ringan hingga lebat menjelang sore dengan suhu udara mencapai 30 derajat selsius, kelembapan udara 55%, dan kecepatan angin 28 km per jam.

Sementara itu, Bogor saat malam masih diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dengan suhu mencapai 24 derajat selsius, kelembapan udara naik hingga 80%, dan kecepatan angin 9 km per jam.

Memasuki dini hari, Bogor masih akan berawan. Suhu udara sebesar 20 derajat selsius, kelembapan udara 90%, dan kecepatan angin 6 km per jam.



Sumber: Suara Pembaruan