Diguyur Hujan Sejak Pagi, Sunter Tergenang Hingga 50 Cm

Diguyur Hujan Sejak Pagi, Sunter Tergenang Hingga 50 Cm
Salah satu kondisi di Kali Sunter Jakarta Utara yang ketinggian airnya meningkat saat hujan deras pada Jumat (24/1/2020) siang. ( Foto: Beritasatu Photo / Carlos Roy Fajarta Barus )
Carlos Roy Fajarta / WBP Jumat, 24 Januari 2020 | 14:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sejumlah wilayah di Kota Jakarta Utara kembali terendam banjir akibat hujan deras yang tak kunjung berhenti sejak pagi pukul 08.00 hingga pukul 10.00 WIB pada Jumat (24/1/2020).

Menurut hasil pengamatan Beritasatu.com di sejumlah titik lokasi di Jakarta Utara, hujan yang melanda sempat membuat sejumlah mobil dan sepeda motor berbalik arah menghindari genangan cukup tinggi berkisar di 50 centimeter yang terjadi di kawasan Sunter, Kecamatan Tanjung Priok.

"Airnya tinggi sekali pak itu Jalan Danau Sunter Utara khususnya di daerah dekat pinggir sungai dan sekitar Jalan Gaya Motor dekat pabrikan mobil Daihatsu & Toyota," ujar Herman (35) salah satu pengendara sepeda motor yang menuntun sepeda motornya yang mogok di Jalan Sunter Permai Raya.

Ike (25) pengendara sepeda motor lainnya yang sedang melintas di kawasan Sunter bahkan menyebutkan ada mobil yang terperosok di Jalan Sunter Agung sekitar pukul 10.55 WIB. "Mobilnya sempat akan terperosok ke pinggir kali karena tidak dapat membedakan bagian badan jalan dengan kali karena terendam. Meski sempat membuat kepadatan lalu-lintas tapi tidak sampai ada korban jiwa," kata Ike..

Sementara ketika dikonfirmasi Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan pihaknya sengaja menjadikan beberapa area di wilayah Jakarta Utara sebagai tempat penampungan genangan banjir sementara. "Air tidak langsung di pompa ke saluran, tapi ditunda dan diatur untuk disalurkan, supaya air hujan bisa diserap. Konsep zero run off yang tetap disesuaikan dengan karakteristik tanah Jakarta Utara," ujar Sigit Wijatmoko.



Sumber: Suara Pembaruan