Jelang Reuni 212, Polri Sebut Tak Ada Pergerakan Massa

Jelang Reuni 212, Polri Sebut Tak Ada Pergerakan Massa
Umat muslim mengikuti aksi reuni 212 di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu 2 Desember 2018. (Foto: Antara / Galih Pradipta)
Farouk Arnaz / CAH Kamis, 28 November 2019 | 21:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mabes Polri mengatakan tak ada pergerakan massa dari luar kota ke Jakarta jelang reuni 212 yang rencananya akan digelar di Monas, Jakarta Senin sore (2/12) nanti.

“Jelang reuni 212 sampai dengan hari ini pihak kami tidak menemukan ada sebuah indikasi pergerakan masyarakat dari daerah ke Jakarta,” kata Kabag Penum Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri Kamis (28/11/2019).

Namun demikian, masih kata Asep, seluruh Polda termasuk Polda Banten melakukan upaya bersifat preventif, memberikan imbauan dan juga memberikan arahan untuk kiranya kegiatan itu bisa dilaksanakan sebagaimana harapan.

Baca JugaKapolda Metro: Reuni 212 Kegiatan Keagamaan Biasa

“Mereka bisa tertib dan bisa melaksanakan kegiatan dengan menghormati hak-hak orang lain. Yang dikedepankan itu adalah upaya preventif memberikan himbauan apakah ihari Minggu atau hari Senin, sekiranya kegiatan itu kalau bisa dilakukan secara lokal,” tambahnya.

Baca JugaPanitia Reuni 212 Sebut Tak Permasalahkan Ahok

Kemudian kalau dilaksanakan di Jakarta harus tertib karena undang-undang memberikan limitasi atau batasan berdasarkan Pasal 6 Undang-undang nomor 9 tahun 1998 tentang Kemerdekaan Penyampaian Pendapat di Muka Umum.

“Harus menghormati hak asasi manusia yang lain, harus juga menaati peraturan hukum yang berlaku, juga harus mentaati norma norma hukum yang berlaku dan yang pertama tadi menjaga keutuhan bangsa dan negara ini,” ingatnya.

 



Sumber: BeritaSatu.com