Pemasangan Box Girder Tol BORR, Lalin Soleh Iskandar Kota Bogor Dialihkan

Pemasangan Box Girder Tol BORR, Lalin Soleh Iskandar Kota Bogor Dialihkan
Pekerja konstruksi mengerjakan beton vertical (pear head) proyek jalan tol lingkar luar (Bogor Outer Ring Road) Seksi IIIA di Jalan Soleh Iskandar, Kota Bogor, Jumat, 24 Mei 2019. ( Foto: Beritasatu.com/Vento Saudale )
Vento Saudale / CAH Kamis, 12 September 2019 | 12:01 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Pengerjaan Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIIA di Jalan Soleh Iskandar (Solis) dilanjutkan dengan pembangunan struktur konstruksi atas (girder) selama tiga bulan ke depan. Sejumlah rekayasa lalu lintas,termasuk pengalihan kendaraan sementara dilakukan karena pengerjaan konstruksi memakan badan jalan.

Direktur Utama Marga Sarana Jabar (MSJ) Hendro Atmojo selaku operator BORR menuturkan, saat ini pengerjaan Tol BORR seksi IIIA sepanjang 2,8 kilometer telah 54 persen dan sisa pengerjaan 46 persen merupakan pengerjaan yang krusial.

"Jadi pengerjaan konstruksi pemasangan box girder, merupakan hal yang krusial dan akan memakan waktu selama tiga bulan," kata Hendro, Rabu (11/9/2019).

Untuk itu, selama tiga bulan akan diberlakukan penutupan arus sementara di ruas Jalan Soleh Iskandar mulai dari Simpang Yasmin hingga Simpang Kayumanis, Salabenda. Hendro pun berharap agar pengemudi yang melintas dapat memaklumi bila terjadi kepadatan arus.

"Atas nama pengelola BORR, kami meminta maaf apabila nantinya perjalanan pengendara di ruas Jalan Soleh Iskandar akan terganggu akibat pengerjaan konstruksi atas," paparnya.

Secara teknis, Manager Proyek PT PP, Yusuf Luqman menjelaskan, sekitar 2.100 box girder akan dipasang dalam rentan tiga bulan mendatang. Mulai dari minggu ke tiga September hingga minggu pertama Desember 2019.

"Kami pastikan tidak ada penutupan arus lalu lintas. Hanya saja, karena pemasangan konstruksi atas menggunakan badan jalan kami berkerjasama kepolisian dan dishub Kota Bogor akan memberlakukan contra flow (satu lajur digunakan dua jalur), selama pengerjaan pemasangan box girder," katanya.

Pun diberlakukan contra flow, Yusuf mengimbau, agar para pengendara sebisa mungkin menghindari ruas jalan Simpang Yasmin hingga Kayumanis. Pengendara dapat memilih jalan memutar melewati ruas jalan Abdullah bin Nuh, lalu melewati Semplak dan Salabenda.

"Nantinya akan dibuat penujuk arah dan petugas untuk mengarahkan pengendara selama pengerjaan konstruksi atas," tambah Yusuf.



Sumber: BeritaSatu.com