TNI-Polri Jamin Keamanan Warga Papua di Jakarta

TNI-Polri Jamin Keamanan Warga Papua di Jakarta
Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margono ( Foto: Beritasatu TV )
Bayu Marhaenjati / MPA Jumat, 23 Agustus 2019 | 18:32 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com-Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta, menggelar pertemuan dengan tokoh masyarakat serta mahasiswa Papua, di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jumat (23/8/2019).

Kegiatan bertajuk "Merajut Persatuan dan Kesatuan Dalam Semangat Kebhinekaan" itu, digelar dalam rangka memperkuat kebersamaan sebagai bangsa Indonesia, pascainsiden kericuhan di Papua, belakangan ini. TNI, Polri dan Pemprov menjamin keamanan masyarakat dan mahasiswa Papua beraktivitas di Jakarta.

"Dalam hal keamanan saya sudah menyampaikan di forum, silakan saudara-saudara kita yang melaksanakan aktivitas, yang bekerja, yang kuliah, beraktivitas seperti biasa. Kami TNI-Polri akan menjamin keamanan saudara-saudara kita," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, Jumat (23/8/2019).

Dikatakan Gatot, tokoh-tokoh dan organisasi kemasyarakatan Betawi juga mendukung keamanan bagi masyarakat Papua yang beraktivitas di Jakarta.

"Semua kita bersaudara. Tidak ada permasalahan diantara kita. Karena Jakarta ini, semua berkumpul di sini. Yakinlah itu, percayalah itu, TNI-Polri, pak gubernur dan semua komponen yang tinggal di Jakarta, kita bersatu padu. Ayo silakan beraktivitas, jangan takut, jangan khawatir. Kalau ada yang mengintimidasi, kalau ada yang memprovokasi, kami TNI-Polri paling depan untuk menghadapi itu," ungkap Gatot.

Gatot menyampaikan, masyarakat harus mengutamakan persatuan di antara keberagaman suku, agama, ras, dan budaya di Indonesia. Jangan melihat perbedaannya yang justru dapat memecah belah persatuan.

"Kalau kita melihat perbedaan, itu cikal bakal dari perpecahan. Saudara-saudara kita di Papua adalah bagian dari Indonesia. Kita memang berbeda-beda, tapi kita tetap dalam ikatan yang disebut Bhineka Tunggal Ika," kata Gatot.

Menyoal adanya kericuhan di Papua, Gatot menuturkan, agar masyarakat menyikapinya dengan tenang, arif dan bijaksana. "Kita ajak saudara-saudara kita bahwa kita ini satu. Jangan terpengaruh hoaks, isu ini terus dikembangkan untuk memecah bangsa kita," tandasnya.

Pada kegiatan itu, hadir Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tokoh Papua Baharudin Farawowan, mahasiswa Papua, dan lainnya.



Sumber: BeritaSatu.com