Diserang Teroris, Puluhan Tentara Burkina Faso Tewas

Diserang Teroris, Puluhan Tentara Burkina Faso Tewas
Aparat keamanan Burkina Faso berpatroli keamanan. ( Foto: France24 / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 21 Agustus 2019 | 15:08 WIB

Ouagadougou, Beritasatu.com- Setidaknya 24 tentara tewas dalam serangan besar teroris di satu pangkalan militer di provinsi Soum utara, Burkina Faso.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Selasa (20/8), Presiden Burkina Faso Roch Kabore mengatakan sedikitnya 24 tentara tewas dalam serangan di pangkalan militer di utara negara itu.

Roch Kabore mengatakan bahwa tujuh tentara lainnya terluka dan lima personel lainnya masih hilang setelah serangan hari sebelumnya di Koutougou, dekat perbatasan dengan Mali.

"19 Agustus adalah noda gelap pada kehidupan tentara nasional kita. Itu adalah korban berat, yang menyedihkan bagi kami," kata Kabore dalam pernyataan yang diposting di situs kepresidenan.

Tentara Burkinabe tidak mengungkapkan identitas para penyerang atau afiliasinya. Tetapi mereka menyalahkan "teroris" atas serangan besar itu, yang dikatakan bisa menjadi yang paling mematikan yang pernah terjadi terhadap angkatan bersenjata Burkina Faso.

"Menanggapi serangan barbar ini, operasi udara dan darat yang besar menyebabkan netralisasi beberapa penyerang," tambahnya.

Satu sumber keamanan mengatakan para penyerang menggunakan senjata berat dan membakar sebagian besar kamp.

Sumber itu mengatakan pangkalan itu diserang oleh "beberapa puluh teroris" yang tiba dengan sepeda motor dan mengambil truk.

"Ini jelas serangan yang dipersiapkan dengan baik dan dikoordinasikan oleh beberapa kelompok teroris. Mereka menembakkan senjata berat, termasuk roket, yang membakar beberapa instalasi, transportasi, dan persenjataan," kata sumber itu.



Sumber: Suara Pembaruan