Wali Kota Imbau RW di Tangerang Gelar Upacara Kemerdekaan

Wali Kota Imbau RW di Tangerang Gelar Upacara Kemerdekaan
Ilustrasi upacara bendera. ( Foto: Antara )
/ AB Minggu, 11 Agustus 2019 | 08:28 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengeluarkan surat edaran tentang imbauan setiap RW menggelar upacara memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Seperti dikutip dari Antara, Sabtu (10/8/2019), dalam surat edaran tersebut, ada tiga poin yang disampaikan, yakni pertama, pengibaran bendera Merah Putih secara serentak selama satu bulan penuh pada Agustus di lingkungan pemerintahan, rumah penduduk, dan perkantoran wilayah Kota Tangerang.

Kedua, warga juga diharapkan memasang umbul-umbul, dekorasi, dan hiasan lainnya, untuk memeriahkan Agustus sebagai bulan kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketiga, ketua RW diminta menyelenggarakan upacara HUT kemerdekaan RI di masing-masing wilayah pada 17 Agustus 2019.

"Kita ingin agar semarak kemerdekaan dirayakan juga di permukiman. Surat edaran ini sebagai bentuk ajakan," ujarnya.

Sementara itu, semarak menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 di Kota Tangerang mulai tampak.

Berbagai gang perumahan hingga jalan-jalan protokol telah dipasangi bendera Merah Putih. Bahkan, di Kecamatan Jatiuwung dipasang bendera sepanjang 328 meter yang berlokasi di Lapangan Bola Gandasari. Kemudian, ada juga yang mendekorasi lingkungannya dengan tema merah putih.

Sekretaris Kelurahan Sudirmara Timur, Agus Lesmana menjelaskan di wilayahnya digelar "Kampung Merdeka" yang diikuti 44 RW.

"Jadi, penilaian tak hanya pada pemasangan bendera, tetapi juga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Karawaci, warga memanfaatkan sampah anorganik yang kemudian dihias berwarna merah putih dan digantung di sepanjang jalan, sehingga terlihat meriah.

"Kami mendorong kreativitas warga dalam memeriahkan HUT kemerdekaan Republik Indonesia sehingga terjadi kerja sama antartetangga," kata Camat Karawaci, Tihar Sopian.