Atasi Perubahan Iklim, Etiopia Tanam 350 Juta Pohon

Atasi Perubahan Iklim, Etiopia Tanam 350 Juta Pohon
Anggota parlemen Etiopia menanam pohon di halaman kantor perdana menteri, Addis Ababa, Etiopia. ( Foto: Kantor PM Etiopia / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Selasa, 30 Juli 2019 | 21:43 WIB

Addis Ababa, Beritasatu.com- Etiopia telah menanam lebih dari 350 juta pohon dalam sehari untuk mengatasi perubahan iklim. Seperti dilaporkan BBC, Senin (29/7), para pejabat meyakini tindakan ini sebagai rekor dunia.

Perdana Menteri Abiy Ahmed memimpin proyek, yang bertujuan untuk melawan dampak deforestasi dan perubahan iklim di negara yang rawan kekeringan. Beberapa kantor publik telah ditutup agar para pegawai negeri bisa ikut mengambil bagian.

PBB menyatakan cakupan hutan Etiopia menurun dari 35% dari total lahan di awal abad ke-20 menjadi sedikit di atas 4% pada tahun 2000-an.

PM Abiy meluncurkan praktik penanaman pohon sebagai bagian dari Green Legacy Initiative, yang berlangsung di 1.000 lokasi di seluruh negeri. Para pejabat ditugaskan untuk menghitung bibit yang ditanam oleh sukarelawan.

Menteri Inovasi dan Teknologi Etiopia Getahun Mekuria tmencuit di Twitter bahwa lebih dari 350 juta pohon ditanam dalam 12 jam. Pemerintah bahkan menargetkan penanaman total empat miliar pohon asli.

Video promosi telah diputar di media pemerintah yang mendesak masyarakat untuk menanam dan merawat pohon. Staf dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Afrika dan kedutaan asing di Etiiopia juga telah mengambil bagian dalam praktik ini.

Rekor Dunia saat ini untuk menanam pohon dalam satu hari dipegang oleh India, yang menggunakan 800.000 sukarelawan untuk menanam lebih dari 50 juta pohon pada tahun 2016.



Sumber: Suara Pembaruan