Jurnalis Khashoggi Dimutilasi oleh Tim Pembunuh Saudi

Jurnalis Khashoggi Dimutilasi oleh Tim Pembunuh Saudi
Tunangan Jamal Khashoggi, Hatice, mendatangi Konsulat Jenderal Arab Saudi, di Istanbul, Turki, untuk mencari informasi mengenai keberadaan tunangannya. ( Foto: Dok SP )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Kamis, 11 Oktober 2018 | 19:02 WIB

Ankara -Surat kabar Turki yang dekat dengan pemerintahan telah mempublikasikan daftar 15 pria yang menjadi tim pembunuh jurnalis ternama Arab Saudi, Jamal Khashoggi. Tim yang berasal dari agen-agen Saudi itu disebut membunuh dan memutilasi Khashoggi di dalam konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober lalu.

Turki belum menyampaikan tuduhan itu kepada publik, namun dua pejabat Turki yang berbicara dalam kondisi anonim mengonfirmasi bahwa para pria tersebut terbang ke Istanbul pekan lalu untuk mengejar Khashoggi.

Berdasarkan keterangan dua pejabat Turki, surat kabar Sabah, Rabu (10/10), menyebut salah satu pria dari tim itu adalah pakar autopsi di badan keamanan internal Arab Saudi. Pria lainnya tampaknya seorang letnan di Angkata Udara Kerajaan Saudi. Menurut sumber tersebut, yang diklam sebagai intelijen rahasia, seluruh pria itu bekerja untuk Pemerintah Saudi.

Para pejabat Turki mengatakan, tanpa memberikan bukti, Khashoggi dibunuh dalam kurun dua jam sejak memasuki konsulat lalu tubuhnya dimutilasi dengan gergaji tulang lalu dibawa pergi. Namun, tuduhan itu dibantah keras oleh Pemerintah Saudi.

Khashoggi adalah seorang komentator veteran Saudi, penduduk Amerika Serikat (AS), dan kolumnis di Washington Post. Dia telah menjadi pengkritik kerajaan yang ternama.

Dalam beberapa hari terakhir, para pejabat Turki secara anonim membocorkan aliran rincian dari pembunuhan Khashoggi. Mereka meyakini operasi itu diperintahkan oleh tingkat tertinggi dari pengadilan Saudi mengingat skala dan kompleksitasnya.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE