Menpar Ajak Miss Earth Jaga Kelestarian Lingkungan

Menpar Ajak Miss Earth Jaga Kelestarian Lingkungan
Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama finalis Miss Earth 2018. ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / CAH Jumat, 6 Juli 2018 | 14:05 WIB

Jakarta - Pembangunan pariwisata tidak lepas dari kerusakan lingkungan. Namun Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan kerusakan lingkungan yang ditimbulkan harus ditekan sekecil mungkin. Hal itu yang setidaknya jadi dasar Kempar mendorong para finalis ajang Miss Earth 2018 agar mau berbuat banyak agar potensi pariwisata yang kini tengah berkembang tak merusak dan menimbulkan kerusakan lingkungan di lokasi wisata yang dikembangkan.

"Pariwisata merupakan sektor yang paling kecil menimbulkan kerusakan karena prinsip pembangunan pariwisata adalah suistainable atau berkelanjutan. Lingkungan yang terjaga merupakan aset bagi pariwisata untuk mendatangkan wisatawan," kata Menpar Arief Yahya menjawab pertanyaan salah satu finalis Miss Earth Indonesia (MEI) 2018 dalam acara 30 Finalis MEI 2018 bertemu Menpardi Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Kamis (5/7).

Dilanjutkan Menpar, berharap bahwa para finalis Miss Earth yang nantinya terpilih akan mampu menjalanan tugas Kempar untuk melestarikan potensi-potensi pariwisata yang tengah dikembangkan pemerintah pusat dan daerah.

"Yang pasti pada prinsipnya pariwisata makin dilestarikan akan makin mensejahterakan. Oleh sebab itu, saya sebagai Menpar berharap para finalis pariwisata yang berasal dari berbagai daerah akan mampu membantu pemerintah baik pusat dan daerah untuk menjaga kelestarian alam dan potensi wisata di daerah. Saya berharap dengan adanya kerja sama ini, para putri pariwisata dan miss earth yang ada mampu mendorong pemerintah daerahnya untuk mengembangkan potensi pariwisata dan mengingatkan pemerintah di daerahnya untuk tetap menjaga kelestarian alamnya meski nantinya pariwisata nya berkembang," tuturnya.

Selain itu, Menpar juga meminta mereka untuk mendorong para warga masyarakatnya untuk mau berinvestasi dibidang pariwisata agar aset pariwisata yang kita miliki tidak dikuasai pihak asing.

Miss Earth Indonesia (MEI) 2018 sendiri merupakan gagasan dari Yayasan El John Peageants Indonesia dan telah diselenggarakan selama enam kali. Untuk tahun ini, tema yang diangkat dalam pemilihan Miss Earth 2018 adalah: The Real Implementation Of Suistainable Development" dimana malam puncak pemilihannya akan diadakan pada Jumat (6/7) malam ini di Gedung Liundeteves Trade Center (LTC), Hayam Wuruk Jakarta Pusat. Dimana akan ada 30 Finalis yang akan memperebutkan gelar Miss Earth 2018.



Sumber: BeritaSatu.com