Nilai Transaksi BBTF 2018 Capai Rp 7,7 Triliun

Nilai Transaksi BBTF 2018 Capai Rp 7,7 Triliun
Ilustrasi wisatawan mancanegara. ( Foto: Antara )
/ FER Selasa, 3 Juli 2018 | 20:47 WIB

Jakarta - Transaksi bursa pariwisata Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) 2018 pada 26-30 Juni 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center menembus angka US$ 593,31 juta atau setara dengan Rp7,71 triliun.

Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kempar), I Gde Pitana, menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi capaian transaksi BBTF tahun ini yang mengalami kenaikan luar biasa.

"Capaian BBTF tahun ini sangat fantastis. BBTF menjadi bentuk komitmen dari pemerintah untuk terus mendorong pariwisata sebagai leading sector perekonomian. Apalagi, Indonesia banyak memiliki sentral industri pariwisata baru," kata Pitana, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (3/7).

Wakil Ketua Bidang Seller dan Pemerintahan BBTF 2018, Dwi Nurdayati, menyebutkan, nilai transaksi tahun ini adalah potensial transaksi dengan kurs yang ditentukan dalam kontrak dengan penjual selama setahun.

"Transaksi tahun ini bagus. Untuk nilai kurs ditentukan menurut sistem kontrak dengan seller (penjual) selama setahun. Ini untuk menyikapi pergerakan nilai tukar terhadap dolar," kata Dwi Nurdayati.

Menurutnya, rapor positif transaksi BBTF 2018 tidak lepas dari kenaikan statistik antar lini. Apalagi, program ini juga mengalami kenaikan jumlah pembeli hingga 60,8 persen dibandingkan pada 2017. Jumlah itu juga berbanding lurus dengan kenaikan 28,2 persen penjualnya.

"Tahun ini menjadi momentum luar biasa untuk BBTF. Sebab, rapor positif merata di semua lini," kata Dwi.



Sumber: ANTARA
CLOSE