Santri Milenial Gelar Festival Kopi untuk Pemberdayaan Umat

Presiden Direktur Simac, Nur Rohman memberi keterangan penyelenggaraan Festival Kopi di Plasa Semanggi, Sabtu (18/05/2019)

Santri Milenial Gelar Festival Kopi untuk Pemberdayaan Umat
19 Mei 2019 | 12:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Santri Milenial Center (Simac) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di bulan Ramadan ini mengadakan Festival Kopi di Plaza Semanggi, Jakarta, Sabtu (18/5/2019).

Presiden Direktur Simac, Nur Rohman mengatakan, memaknai bulan Ramadan tidak hanya sebagai bulan untuk ibadah puasa saja, tapi Ramadan juga harus dimaknai sebagai bulan untuk memperkuat ekonomi umat. Untuk itu pihaknya bekerja sama dengan Baznas mengisiasi diadakan “Festival Kopi”.

Nur Rohman mengharapkan “Festival Kopi” ini diharapkan bisa mengangkat merek-merek kopi nusantara. selain mengangkat komoditas kopi khas nusantara. “Program ini juga memiliki semangat untuk pemberdayaan ekonomi umat,” ujar Nur Rohman dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Minggu (19/05/2019).

Disebutkan, untuk mendorong pemberdayaan ekonomi umat, dalam acara ini juga diadakan pelatihan barista secara gratis. Para peserta barista didominasi oleh anak-anak muda yang memiliki keingintahuan tinggi tentang dunia kopi. Seperti diketahui bersama menjadi barista di kalangan anak muda adalah sebuah kebanggaan.

“Kami harapkan para peserta barista ini dapat belajar, dan nantinya bisa mendapatkan kesempatan permodalan untuk usaha kopi,” ujar Nur Rohman.

Senada dengan itu, bidang pemberdayaan Baznas, Eka mengatakan bahwa untuk menunjang perkembangan kopi, Baznas sudah menginisiasi pemberdayaan petani kopi Toraja di bagian hulu. Di bagian hilirnya sebagai pemasaran program, kami hari ini menginisiasi adanya bicycle coffee yang kami namakan “Kopi Kampung”.

Adanya pelatihan barista gratis yang diinisiasi oleh Simac dan Baznas tentu tidak disia-siakan oleh anak-anak muda, mengingat jika mengikuti pelatihan barista di tempat lain setidaknya harus merogoh kocek sekitar Rp 2 - 3 juta.

“Beruntung sekali saya dan teman-teman bisa ikut hadir di pelatihan ini karena bisa jadi bekal kami untuk menjadi barista. Saya sendiri ada keinginan untuk usaha kopi,” ujar Farhan, salah seorang peserta asal Kembangan, Jakarta Barat.

Dalam acara ini juga di meriahkan oleh penampilan angklung dari anak anak Cendekia, para alumni sekolah barista kopi Abah, dan masih banyak lagi lainnya.



Sumber: BeritaSatu.com
JALAN PULANG
5 Juni 2019 | 14:28 WIB
4 Juni 2019 | 08:33 WIB

© Copyright 2019 - Beritasatu All Right Reserved