HSE Awards 2018

HSE Merupakan Instrumen Investasi Perusahaan Pengembang

HSE Merupakan Instrumen Investasi Perusahaan Pengembang
Direktur PT Ciputra Residence, Meiko Handoyo (tengah), menyerahkan penghargaan PT Ciputra Residence HSE Award 2018 kepada para kontraktor sebagai mitra kerjanya, di Ciputra Artprenuer, Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Rabu 10 Oktober 2018. ( Foto: Beritasatu Photo )
Feriawan Hidayat / FER Rabu, 10 Oktober 2018 | 21:33 WIB

Jakarta - Memasuki tahun keempat, PT Ciputra Residence secara kontinyu melaksanakan program Health, Safety & Environment Awards 2018 (HSE Awards 2018). Dalam awarding tahun ini, sebanyak 42 kontraktor dan sub-kontraktor yang bekerja sama dengan Ciputra Residence akan dinilai untuk menjadi yang terbaik, yang dibagi ke dalam 9 kategori pemenang dan satu kategori apresiasi.

Director Ciputra Residence, Mary Okto Sihombing, mengatakan, budaya HSE berbanding lurus dengan langkah pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dalam mendorong berbagai pihak untuk semakin berperan aktif menurunkan tingkat kecelakaan kerja di Indonesia.

"Langkah Ciputra Residence dengan menggelar HSE Awards 2018 sebagai wujud dukungan serta mendorong upaya pemerintah dalam mensukseskan program kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 tahun 2020," kata Mary Okto, di sela acara Ciputra Residence HSE Awards 2018, di Ciputra World Jakarta, Rabu (10/10).

Okto mengatakan, pihaknya sangat mendukung berbagai langkah pemerintah dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya berbudaya HSE. Dalam pelaksanaanya, perusahaan menekankan agar semua pihak harus turun tangan dan bekerja sama serta mengimplementasikan budaya HSE di tempat kerja.

"Penerapan budaya HSE merupakan bagian integral pembangunan nasional untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing Indonesia. Kami juga menyadari betul pentingnya penerapan budaya HSE dalam setiap pembangunan proyek. Acara hari ini merupakan wujud apresiasi yang kami berikan kepada seluruh mitra kontraktor yang secara sadar dan berkomitmen mewujudkan budaya HSE dengan baik," kata Okto.

Wajib Jalankan HSE

Sementara itu, Associate Director PT Ciputra Residence, Lalitya Ciputra Sastrawinata menjelaskan, Ciputra Residence telah mengokohkan diri sebagai satu-satunya perusahaan yang komit dan secara berkelanjutan sejak 2015 memberikan apresiasi kepada para mitra kontraktor yang telah melaksanakan budaya HSE secara konsisten.

"Apabila HSE terlaksana dengan baik, maka kasus kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat ditekan, biaya-biaya yang tidak perlu dapat dihindari sehingga dapat tercapai suasana kerja yang aman, nyaman, sehat, dan klimaknya tentu dapat meningkatnya produktivitas kerja," kata Lalitya.

Lalitya mengatakan, pihaknya merasa bangga menjadi pengembang pertama di Indonesia yang menyelenggarakan HSE Awards. "Penerapan HSE Management secara ketat bukan semata-mata untuk memenuhi persyaratan regulasi dan komitmen dengan pihak ketiga, namun lebih kepada kepedulian perusahaan untuk memastikan proses pembangunan berjalan dengan baik," tandasnya.

Lebih lanjut, Lalitya menambahkan, implementasi Heath Safety & Environment Management merupakan instrumen investasi perusahaan dalam memperlancar proses produksi, bukan sebagai cost yang membebani anggaran proyek. Oleh karena itu, setiap kontraktor yang akan menjadi mitra kerja diwajibkan memiliki komitmen yang sama untuk menjalankan HSE sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP).

"Saat ini, semua kontraktor dan subkontraktor yang mengerjakan proyek-proyek Ciputra Residence kami wajibkan memahami dan implementasi HSE dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. Dengan begitu, kita bersama-sama mampu melindungi pekerja kita dari kecelakaan kerja yang merupakan aset perusahaan," pungkasnya.

 



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE