Golkar Setuju Puan Jadi Ketua DPR

Golkar Setuju Puan Jadi Ketua DPR
Puan Maharani. ( Foto: Antara )
Robert Wardy / CAH Rabu, 15 Mei 2019 | 12:17 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - ‎ Partai Golkar (PG) tidak masalah jika PDIP menunjuk Puan Maharani sebagai Ketua DPR untuk periode 2019-2024. Pasalnya, mengacu ke UU MD3, parpol pemenang pemilu adalah yang mendapat jatah Ketua DPR. Mengacu keperhitungan sementara KPU saat ini, PDIP diproyeksikan menjadi pemenang pemilu 2019.

"Hak PDIP untuk menunjuk siapa kadernya menjadi Ketua DPR. Kami dari Golkar harus menerima dan menghormati keputusan PDIP. Itu jika nantinya PDIP memang keluar sebagai pemenang pemilu," kata ‎Ketua DPP PG bidang Media dan Penggalangan Opini Ace Hasan Syadzily di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Ia menjelaskan setiap parpol peserta pemilu hendaknya mematuhi terhadap UU MD3 tersebut. Apalagi UU itu tidak ada rencana revisi seperti pada Pemilu 2014 lalu.

"Tidak ada alasan bagi kami untuk menolak. Apalagi mbak Puan kan pernah menjadi anggota DPR, bahkan Ketua Fraksi PDIP. Jadi sudah punya pengalaman di DPR. Maka layak jika memang PDIP menetapkan mbak Puan sebagai calon Ketua DPR," jelas Ace yang juga juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin.

Menurutnya, Golkar siap mendukung Puan dalam menjalankan tugas jika memang sudah menjadi Ketua DPR. Sesuai UU MD3, Golkar akan menjadi salah satu pimpinan DPR mendapingi Puan.

"Itu mengacu ke hitungan sementara KPU saat ini ya. Lima parpol meraih suara terbanyak akan menjadi pimpinan DPR. Kami diproyeksikan masuk dalam lima parpol tersebut. Maka Golkar siap bekerjasama dengan Ketua DPR terpilih," tutupnya



Sumber: Suara Pembaruan