TKN: Pidato Game of Thrones, Jokowi Berhasil Tunjukkan Sisi Milenialnya

TKN: Pidato Game of Thrones, Jokowi Berhasil Tunjukkan Sisi Milenialnya
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberika sambutan pada acara opening plenary Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10). ( Foto: Investor Daily / Nasori )
Markus Junianto Sihaloho / JAS Jumat, 12 Oktober 2018 | 13:53 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai berhasil menunjukkan sisi milenialnya ketika menyampaikan pidato Game of Thrones di hadapan delegasi sidang tahunan International Monetery Fund (IMF) dan World Bank (WB).

Menurut Wakil Ketua TKN Jokowi-KH Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding, Presiden Jokowi berhasil membuat substansi pidatonya, yang sebenarnya bertopik berat, menjadi dimengerti semua kalangan. Dan hal itu bisa dilakukan lewat simbolisasi melalui cerita Game of Thrones yang memang populer, khususnya di kalangan milenial.

"Pak Jokowi menunjukkan sisi milenialnya. Memang dalam banyak kesempatan, pernyataan maupun tindakan, selalu simboliknya ciri khasnya milenial," kata Karding, Jumat (12/10).

Dengan perumpamaan Jokowi, isu ekonomi bukan hanya jadi konsumsi elite ekonomi. Presiden Jokowi berhasil menunjukkan keadaan perekonomian dan perdagangan dunia saat ini yang didominasi persaingan ketat negara-negara besar.

Negara berkembang seperti Indonesia terjepit di tengahnya. Sementara itu, terlalu sibuk bertarung, semuanya tak sadar bahwa ada masalah besar yang sebenarnya harus dihadapi bersama.

"Beliau menyampaikan pesan agar antara negara maju dan negara berkembang bahkan negara tertinggal, itu harus berkolaborasi dan bekerja sama," katanya.

Yang jelas, menurut Karding, pesan lewat pidato Game of Thrones oleh Jokowi itu menjadi gampang diterima oleh peserta dan masyarakat dunia.

"Pak Jokowi telah menunjukkan kapasitasnya tidak hanya sebagai pemimpin Indonesia, tetapi juga pemimpin dunia," kata Karding.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE