KPU Jateng Siapkan 6 Tim Layani Pendaftaran Bacaleg

KPU Jateng Siapkan 6 Tim Layani Pendaftaran Bacaleg
Ilustrasi pendaftaran caleg. ( Foto: Beritasatu Photo )
Stefi Thenu / FER Kamis, 12 Juli 2018 | 21:56 WIB

Semarang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provisi Jawa Tengah (Jateng), menyiapkan enam tim untuk melayani pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang dipastikan akan datang secara bersamaan pada hari terakhir yakni 17 Juli mendatang.

"Kami telah menyiapkan enam tim, yang telah ditunjuk untuk melayani 16 parpol yang akan mendaftarkan para calegnya. Tiap tim akan melayani beberapa partai politik (Parpol), sehingga dapat diantisipasi kemungkinan terjadinya penumpukan pelayanan," ujar Ketua KPU Jateng Joko Purnomo, Kamis (12/7).

Menurut Joko, sejak dibuka pada 4 Juli lalu, hingga saat ini belum ada satupun parpol yang mendaftarkan calegnya. Diperkirakan, semua parpol akan mendaftar pada hari terakhir.

Menurut Joko, semua bacaleg saat didaftarkan harus telah memiliki syarat lengkap. Persyaratan yang harus dipenuhi terkait pendaftaran calon anggota legislatif, baik oleh partai politik maupun oleh bakal calon legislator, yakni SK (surat keputusan) pengurusan, SK penetapan daftar sementara calon anggota legislatif hingga daftar bakal calon.

Daftar bakal calon anggota legislatif harus memenuhi keterwakilan perempuan sebesar 30 persen. Tahapan selanjutnya pascapendaftaran calon anggota legislatif adalah verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Verifikasi ini dilakukan selama sepekan setelah pendaftaran ditutup dan tahapan ini khusus menyoroti bakal calon legislator, jika diketahui ada persyaratan yang kurang lengkap, masih diberi kesempatan untuk melengkapi.

Setelah verifikasi beres, daftar calon legislator sementara akan diumumkan ke publik dan selama sepekan, publik diminta memberi tanggapan soal nama-nama yang ada dalam daftar calon.

Sementara itu, dari 24 bakal calon DPD yang memenuhi persyaratan pencalonan dan berhak mendaftar, dua orang tidak melakukan pendaftaran ke KPU Jateng.Keduanya, Rojih dan Firly Yanuar Mulyana tidak mendaftar hingga penutupan pada Rabu (11/7) pukul 24.00 WIB.

"Saya tidak tahu kenapa tidak mendaftar. Tapi hingga penutupan, mereka tidak memasukkan berkas," kata Joko.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE