Linda-Mirza Batal Gugat Hasil Pilwalkot Bengkulu

Linda-Mirza Batal Gugat Hasil Pilwalkot Bengkulu
Ilustrasi pilkada. ( Foto: Beritasatu.com )
Usmin / JAS Rabu, 11 Juli 2018 | 10:52 WIB

Bengkulu - Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bengkulu, Patriana Sosialinda-Mirza batal menggugat hasil pilwalkot setempat ke Mahkamah Konstitusi (MK) demi menjaga kedamaian dan kemajuan Kota Bengkulu ke depan.

"Paslon Linda-Mirza batal sengketakan hasil Pilwakot Bengkulu, 27 Juni lalu ke MK dengan alasan demi menjaga kedamaian daerah yang sudah tercipta dengan baik," kata kuasa hukum paslon Linda-Mirza, Jecky Heryanto, di Bengkulu, Selasa (10/7).

Ia mengatakan, sebelumnya tim kuasa hukum palson Linda-Mirza, sudah menyiapkan berkas yang berisikan dugaan kecurangan Pilwalkot Bengkulu, pada 27 Juni lalu. Namun setelah dibahas secara cermat dan demi kedamaian Kota Bengkulu, paslon nomor urut 4 ini batal mengajukan gugatan hasil pilwalkot ke MK.

Selain itu, tim paslon Linda-Mirza mengakui kemenangan paslon Helmi Hasan-Dedy Wahyudi pada Pilwalkot Bengkulu, yang digelar 27 Juni lalu, dan mengharapkan pasangan calon calon wali kota dan wakil wali Kota Bengkulu, terpilih dapat membawa kemajuan daerah ini labih baik lagi ke depan.

"Tim paslon Linda-Mirza batal mengajukan gugatan hasil pilwakot Bengkulu, dan mengakui kemenangan paslon Helmi- Dedya yang meraih suara terbanyak pada pilwalkot lalu dari tiga palson lainnya. Kami berharap paslon Helmi-Dedy dapat menyejahterakan masyarakat daerah ini lima tahun ke depan," ujarnya.

Sebelumnya Ketua Tim Pemenangan Paslon Linda-Mirza, Zulkarnain Kaka Jodi mengatakan, pihaknya mengucapkan teirma kasih kepada penyelenggara pilkada, panwas dan masyarakat atas terlaksananya pilwalkot yang aman, lancar dan damai.

"Tim pemenangan paslon Linda-Mirza mengacakan terima kasih pada KPU, Panwaslih, aparat kepolisian dan lainnya atas terselenggaranya Pilwalkot Bengkulu, yang sudah berakhir dengan digelarnya pleno rekapitulasi 4 Juli lalu, yang pemenangnya adalah paslon Helmi-Dedy," ujarnya.

Seperti diketahui hasil perhitungan rekapitulasi perolehan suara masing-masing peserta Pilwalkot Bengkulu, yang telah diplenokan oleh KPU Kota Bengkulu, pada pekan lalu, paslon Helmi Hasan-Dedy Wahyudi meraih dukungan tertinggi dari masyarakat sebanyak 42.919 suara atau 32,8 persen.

Sedangkan paslon Patriana Sosialinda peraih suara terbanyak 36.416 suara atau 27,8 persen, peraih ketiga terbanyak paslon David Suhardi- M Baksir sebanyak 28.805 suara atau 22 persen dan paslon Erna Sari Dewi-Zarkasih meriah suara sebanyak 22.466 atau 17,2 persen.

Paslon Helmi-Dedy pada Pilwalkot Bengkulu, diusung tiga parpol koalisi, yakni PAN, Demokrat, dan Partai Gerindra. Paslon petahana ini pada pilwakot 27 Juni lalu, menang di lima dari sembilan kecamatan di Kota Bengkulu.

Lima kecamatan itu, yakni Kampung Melayu, Ratu Agung, Gading Cempaka, Teluk Segera dan Kecamatan Selebar. Sedangkan empat kecamatan lagi dikuasai tiga palson lainnya, yakni paslon Linda-Mirza, David Suhardi David-Baksir, dan paslon Erna Sari Dewi-Zarkasih.



Sumber: Suara Pembaruan