Ini Kelebihan Kroasia sehingga Bisa Tundukkan Inggris

Ini Kelebihan Kroasia sehingga Bisa Tundukkan Inggris
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate (kanan), mencoba menghibur pemainnya Jordan Henderson, setelah kalah dalam laga semifinal melawan Kroasia, Rabu, 11 Juli 2018. ( Foto: AFP PHOTO / Mladen Antonov )
Jaja Suteja / JAS Kamis, 12 Juli 2018 | 08:44 WIB

Moscow - Pelatih Tim Nasional Inggris, Gareth Southgate, mengungkapkan kelebihan Kroasia sehingga bisa menaklukkan tim asuhannya pada semifinal Piala Dunia 2018, Rabu (1/7) atau Kamis dini hari WIB. Menurutnya, Kroasia menang karena memiliki tim yang lebih berpengalaman.

Inggris sebenarnya memulai pertandingan dengan cemerlang. Mereka mampu unggul lebih dulu saat laga baru berjalan lima menit melalui tendangan bebas Kieran Trippier.

Namun Kroasia mampu menyamakan skor pada menit ke-68 melalui gol yang dilesakkan Ivan Perisic dan membut laga harus dilanjutkan babak tambahan waktu. Dalam babak extra time inilah Kroasia berhasil mencetak gol yang membawa mereka bertemu Prancis di final.

Gol dilesakkan Mario Mandzukic lewat tendangan dari sisi kanan gawang Jordan Pickford. Kroasia pun memastikan kemenangan 2-1 dalam laga di Stadion Luzhniki ini.

“Saya pikir kami bermain sangat bagus pada babak pertama,” tutur Southgate.

“Jika mengingat besarnya pertandingan ini, saya sangat puas dengan cara kami mengontrol penguasaan bola dan keputusan yang kami buat juga bagus,” ujar mantan pemain Timnas Inggrisi ini.

“Saya pikir saat Anda turun bertanding seperti halnya kami dan Anda memiliki peluang seperti yang kami dapatkan, Anda mungkin butuh gol kedua saat itu,” katanya.

“Kroasia sangat kuat. Mereka benar-benar memiliki pemain yang hebat dan memiliki tim yang sangat berpengalaman,” paparnya.

Dia juga menuturkan, para pemainnya sebenarnya mendapatkan kembali kekuatan mereka saat babak tambahan. Peluang kedua tim memenangkan laga juga seimbang. “Namun Kroasia berhasil mengambil peluang ini dan Inggris tak mampu merespons,” ujar Southgate yang menangani Timnas Inggris sejak 2016 ini.

Southgate juga memuji tim asuhannya yang menampilkan permainan bagus dalam semua laga di Piala Dunia kali ini. Dia pun memberi selamat kepada Kroasia dan mendoakan tim asuhan Zlatko Dalic itu meraih sukses di final.

Meski kalah, Inggris tidak langsung pulang ke rumah. Mereka masih harus menghadapi Belgia untuk memperebutkan posisi ketiga, Sabtu (14/7) di St Petersburg. Sementara Kroasia akan bertemu Prancis di partai final sehari kemudian di Stadion Luzhniki.



Sumber: FourFourTwo
CLOSE