Piala Dunia 2018

Wasit Turki Pimpin Laga Inggris vs Kroasia

Wasit Turki Pimpin Laga Inggris vs Kroasia
Wasit Turki Cuneyt Cakir dan timnya saat menjalani latihan fisik jelang final Liga Champions 2015 antara Juventus dan Barcelona di Berlin. ( Foto: UEFA )
Feriawan Hidayat / FER Selasa, 10 Juli 2018 | 18:11 WIB

London - FIFA telah menetapkan wasit asal Turki, Cuneyt Cakir, sebagai pengadil dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 2018, yang mempertemukan Inggris dan Kroasia, di Luzhniki Stadum, Moskow, Rusia, Kamis (12/7) dinihari WIB.

Uniknya, penunjukkan Cakir dianggap sebagai sinyal bagus untuk skuad Gareth Southgate. Alasannya, timnas Inggris tidak pernah menelan kekalahan saat pertandingan mereka dipimpin oleh Cakir.

Baca Juga: Pelatih Kroasia Waspadai Kecepatan Sterling

Terakhir kali Cakir memimpin pertandingan yang melibatkan Inggris terjadi saat The Three Lions meraih kemenangan 3-0 atas Skotlandia dalam pertandingan persahabatan menjelang Piala Dunia 2018 di Wembley.

Selain itu, pria yang berprofesi sebagai agen asuransi ini, juga memimpin pertandingan saat Inggris menang 2-0 atas Swiss di babak penyisihan Euro 2016, seri 1-1 dengan Ukraina saat penyisihan Piala Dunia 2014, dan meraih kemenangan 2-0 atas Andorra di babak penyisihan Piala Dunia 2010.

Baca Juga: Pickford Optimistis Inggris Ciptakan Sejarah

Cakir sendiri dianggap sebagai salah seorang wasit terbaik yang dimiliki oleh FIFA. Cakir sebelumnya telah ditugaskan untuk menjadi pengadil dalam pertandingan Maroko melawan Iran, dan Argentina versus Nigeria.



Sumber: Dailymail