Waktu Tempuh ke 3 Venue Asian Games Ini Lama, OCA Tidak Keberatan

Waktu Tempuh ke 3 Venue Asian Games Ini Lama, OCA Tidak Keberatan
Wisma Atlet Kemayoran dipersiapkan untuk Asian Games 2018 ( Foto: istimewa )
Lenny Tristia Tambun / FMB Senin, 9 Juli 2018 | 17:23 WIB

Jakarta - Gubernur DKI, Anies Baswedan mengatakan Dewan Olimpiade Asia (OCA) menginginkan semua atlet dan official peserta Asian Games 2018 menginap di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Karena itu, OCA tidak keberatan dan mempermasalahkan apabila ada tiga venue yang memiliki waktu tempuh melebihi 34 menit dari Wisma Atlet.

Ketiga venue tersebut terdapat di tiga lokasi yaitu venue cabang olahraga golf di Pondok Indah, venue pencak silat di Taman Mini, dan venue olah raga handball di Cibubur.

Anies mengatakan jarak dari Wisma Atlet ke lapangan golf adalah 41,5 kilometer, ke Cibubur 39 kilometer, dan ke venue pencak silat 29 kilometer.

“Yang tiga lokasi ini memang tidak mungkin dicapai dalam waktu di bawah 34 menit. Kenapa? Ya karena memang jaraknya jauh. Dari Wisma Atlet sampai Pondok Indah Mall, dengan kecepatan yang aman, tidak mungkin dijangkau dalam waktu seperti itu. Begitu juga dengan TMII dan Cibubur,” terang Anies di kawasan industri JIEP, Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (9/7).

Kendala ini sudah disampaikan ke OCA. Pemprov DKI bersama Paniti Penyelenggara Asian Games (Inasgoc) menawarkan solusi dengan mendekatkan tempat penginapan atlet tiga cabang olahraga tersebut dengan masing-masing venue.

“Tiga titik lokasi ini tidak mungkin. Sudah saya bicarakan dengan Inasgoc. Ketentuan dari OCA itu mengharuskan atlet tinggal di Wisma Atlet. Kalau saja mereka boleh tinggal di lokasi yang dekat dengan venuenya, itu akan lebih leluasa,” ujarnya.

Setelah dibahas dengan Inasgoc dan OCA, kendala tersebut tidak menjadi masalah yang besar. Karena hampir semua venue golf, posisinya selalu jauh dari pusat kota.

“Tapi menurut mereka, soal ini tidak terlalu masalah karena hampir di semua tempat kalau lapangan golf itu lokasinya pasti jauh. Lalu lalu para atlet biasanya juga berangkatnya sangat pagi. Jadi mereka keluar itu bisa setengah 5 pagi sudah siap berangkat,” jelasnya.

Bagi OCA dan Inasgoc, yang paling penting adalah waktunya tempuh ke Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di bawah 34 menit. Anies menjamin waktu tempuh dari Wisma Atlet Kemayoran ke GBK sudah dibawah 34 menit.

“Yang penting justru ke GBK atau Senayan ya, karena di sanalah pusat kegiatan yang terbesar. Waktu tempuh kemarin ketika uji minggu lalu justru dari Senayan lebih cepat dari yang diduga,” ungkapnya.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE