Mardani Sebut Kemajuan Indonesia Ditentukan Pengusaha Muda

Mardani Sebut Kemajuan Indonesia Ditentukan Pengusaha Muda
Mardani H Maming (pakai batik) mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), di Center Bidakara, Jakarta, Sabtu (18/5/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Hotman Siregar / FER Minggu, 19 Mei 2019 | 18:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tokoh pengusaha muda asal Kalimantan Selatan (Kalsel), Mardani H Maming meminta agar pemerintah daerah (Pemda) memberikan kesempatan lebih luas kepada para pengusaha muda untuk berkembang di daerahnya masing-masing.

Upaya yang bisa dilakukan secara langsung oleh Pemda adalah memberikan proyek pekerjaan kepada para pengusaha muda, sehingga mereka dapat belajar dan kelak akan tumbuh menjadi entrepreneur atau wirausahawan tangguh.

Hal ini ditegaskan Mardani H Maming usai mendaftarkan dirinya menjadi salah seorang calon Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), di Center Bidakara, Jakarta, Sabtu (18/5/2019).

Mardani H Maming disebut-sebut sebagai salah seorang calon kuat untuk menduduki jabatan Ketua Umum HIPMI yang baru dalam Munas XVI HIPMI 31 Juli 2019 mendatang.

Ketua Umum Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ini menilai, peran Pemda terutama para bupati dalam membesarkan para pengusaha muda di daerahnya sangat penting.

"Para bupati bisa memberikan pekerjaan mulai dari proyek kecil kepada para pengusaha muda. Misalnya proyek penunjukan langsung. Dengan demikian para pengusaha muda daerah punya kesempatan berkembang. Dan ini saya lakukan ketika saya masih menjabat sebagai bupati di daerah saya," kata Mardani yang merupakan mantan Bupati Tanah Bumbu dua periode.

Menurut Mardani, melalui pemberian kesempatan kerja tersebut, para pengusaha muda akan tertempa kemampuannya. Mereka akan berkembang dan nanti bisa menjadi pengusaha-pengusaha yang tangguh sehingga menjadi aset besar bagi pembangunan daerah sendiri.

Upaya memajukan para pengusaha daerah ini, sejalan dengan visi dan misi Mardani H Maming yang diusung dalam program kerjanya jika nanti terpilih menjadi Ketua Umum HIPMI, yaitu Bersinergi Membangun Ekonomi Daerah.

Mardani H Maming yang saat ini lebih giat membangun bisnis usahanya, dan kini menjadi CEO dari dua perusahaan besar yakni PT Batulicin Enam Sembilan Group dan PT Maming Enam Sembilan, menilai, bahwa kemajuan Indonesia ke depan ditentukan oleh generasi muda milenial.

"Oleh sebab itu, HIPMI memiliki peran penting dalam turut mendukung tumbuh dan berkembangnya para pengusaha muda di semua daerah di Indonesia. Ke depan, ekonomi Indonesia tidak hanya berpusat di satu wilayah misalnya Jakarta, namun sudah harus merata ke seluruh wilayah Indonesia, dan itu bisa dimulai oleh para pengusaha mudanya," tandas Mardani.

Menurut Mardani, pengusaha muda di daerah saat ini memiliki banyak kemampuan dan kelebihan, terutama dalam penguasaan teknologi digital dan informasi.

"Kemampuan tersebut akan sangat menunjang bagi pengembangan dunia usaha Indonesia, misalnya dalam pengembangan industri kreatif,” tambah Mardani.

Dengan peran aktif semua kepala daerah, Mardani H Maming optimistis, para pengusaha muda akan berkembang menjadi pengusaha-pengusaha yang tangguh.



Sumber: Suara Pembaruan