Punya Banyak Ide? Ayo Ikuti Ajang "Ideas for Action Competition 2019"

Punya Banyak Ide? Ayo Ikuti Ajang
Logo Bank Dunia. ( Foto: AFP )
Asni Ovier / AO Jumat, 22 Februari 2019 | 20:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Generasi muda Indonesia yang memiliki banyak ide dan solusi atas berbagai persoalan diundang untuk mengikuti ajang Ideas for Action Competition 2019. Hingga Jumat (22/2/2019) sudah 7.000 peserta dari 124 negara mendaftarkan diri dan mengajukan 2.100 proposal.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (22/2/2019) disebutkan, Ideas for Action Competition merupakan kompetisi ide yang diadakan oleh Bank Dunia dan The Zicklin Center. Kompetisi ini diselenggarakan untuk membuka peluang bagi semua orang dengan latar belakang apa pun dan dari berbagai negara di dunia untuk menyampaikan ide yang mereka miliki dari berbagai bidang.

Peserta bisa mengajukan berbagai proposal ide, seperti dalam bidang kemiskinan, polusi, lingkungan hidup, kesehatan, pendidikan, ekonomi, pemerintahan, dan bidang-bidang lainnya. Pendaftaran peserta serta penyampaian ide secara garis besar dapat dilakukan paling lambat 28 Februari 2019.

Warga negara Indonesia diharapkan bisa ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini dengan mendaftarkan diri serta mengirim ide-ide yang merupakan solusi untuk beberapa masalah yang sedang terjadi. Warga Indonesia diharapkan dapat menyumbangkan ide-ide, sehingga nama Indonesia semakin diperhitungkan dalam masyarakat internasional.

Peserta adalah pelajar dan kalangan profesional muda berusia antara 18-35 tahun dari seluruh dunia. Para finalis dan pemenang akan dipilih oleh panel akademisi dan profesional pengembangan berpengalaman dari lembaga sektor publik dan swasta.

Pemenang kompetisi mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan ide-ide mereka dalam pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia, mendapatkan dukungan dari inkubator proyek di Wharton School, dan berpeluang mengembangkan kapasitas dan jejaring yang unik dengan para pakar dari pengembangan internasional, akademisi, dan sektor swasta.

Kompetisi ini terbuka untuk umum dan untuk lebih detailnya dapat di lihat di https://ideas4action.org/.



Sumber: BeritaSatu.com