Tiga Cara Mengecek Pemilih Sudah Terdaftar dalam DPT Pemilu 2019

Tiga Cara Mengecek Pemilih Sudah Terdaftar dalam DPT Pemilu 2019
Ilustrasi pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih. ( Foto: Antara )
Yustinus Paat / WM Jumat, 12 Oktober 2018 | 22:21 WIB

 

Jakarta - Ketua KPU Arief Budiman mengharapkan masyarakat pemilih aktif mengecek namanya sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. Jika belum terdaftar dalam DPT, kata Arief, pemilih bisa melakukan pengecekan melalui tiga cara.

"Pertama, kalau mau yang manual, dia bisa pergi ke PPS (Panitia Pemungutan Suara), kan dekat itu. Kantor kelurahan itu kan pasti dekat dengan rumah," ujar Arief, di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Jumat (12/10).

Yang terpenting, kata Arief, pemilih memiliki KTP elektronik agar PPS bisa mencatat data-data yang bersangkutan sehingga masuk dalam DPT.

"Kedua, caranya dengan mengecek melalui aplikasi KPU RI Pemilu 2019 melalui ponsel android dan jaringan internet," kata Arief.

Setelah membuka aplikasi KPU RI Pemilu 2019, lanjut Arief, maka pemilh tekan fitur "Cek Pemilih". Kemudian masukkan nomor induk kependudukan (NIK) dan Nama Depan.

"Nanti, akan muncul nama lengkap pemilih dan nomor TPS serta alamat TPS yang bersangkutan," kata dia.

Jika pemilih belum terdaftar di DPT, kata Arief, maka akan tampil tulisan 'Anda belum terdaftar dalam DPT Pemilu 2019. Segera laporkan data diri dengan menekan tombol 'Lapor' di bawah ini'.

Dengan menekan tombol "Lapor", pemilih diminta untuk memasukkan sejumlah data, seperti NIK, NKK, nama lengkap, nomor ponsel, dan e-mail. Selain itu, pemilih juga diminta memasukkan provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan kelurahan tempat mereka tinggal.

"Kalau ada yang belum terdaftar, langsung tertampil (tulisan) lapor online. Sudah, tinggal masukkan data diri. Asalkan satu, data itu adalah data KTP elektronik dan masukkan data diri sesuai KTP elektronik. Nanti, sistem akan memproses pendaftaran nama pemilih untuk dimasukkan DPT Pemilu 2019," terang dia.

Cara ketiga, tambah Arief, cek data pemilih melalui melalui portal https://sidalih3.kpu.go id. Dalam portal tersebut, pemilih akan diminta memasukkan nama provinsi, kabupaten/kota, NIK dan nama sesuai dengan KTP elektronik. Jika data-datanya benar, kata dia, maka akan muncul nama pemilih yang bersangkutan.

"Jika tidak ada nama dalam portal tersebut, maka silakan cek secara manual atau melalui aplikasi tadi dengan menekan tombol 'Lapor',"katanya.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE